Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2013, 11:43 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com - Pinggul yang cedera karena terkilir tentu akan menyulitkan. Jangankan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, bangkit dari tempat tidur pun mungkin akan terasa sulit.

Pinggul merupakan sendi yang sangat peka sehingga perlu diperlakukan secara hati-hati untuk benar-benar sembuh dari terkilir. Otot pinggul terhubung dengan paha dan terkilirnya bagian itu juga bisa mempengaruhi aktivitas yang menggunakan kaki. Akan sulit bagi Anda untuk mengangkat kaki di saat pinggul sedang terkilir.

Agar segera sembuh dari cedera pinggul, Anda bisa mengikuti cara berikut ini.

1. Istirahatkan bagian tubuh bawah
Tidak ada alternatif lain untuk memulihkan kesehatan pinggul Anda, kecuali dengan mengistirahatkan total bagian tubuh bawah paling tidak selama seminggu. Mengistirahatkan bagian tubuh bawah secara total akan membantu mempercepat pemulihan kesehatan pinggul dan membuatnya kembali fleksibel.

Jangan berjalan atau pun mengangkat kaki selama periode waktu ini. Karena saat itulah proses penyembuhan sedang berlangsung. Pastikan pula posisi tidur Anda tepat karena jika salah, cedera pinggul berpotensi menjadi semakin parah.

2. Berikan es
Pengaplikasian es setiap beberapa jam pada bagian yang terkilir akan mempercepat penyembuhannya. Ketika pinggul Anda terkilir, ada pendarahan internal di dalam otot-ototnya. Es akan membantu membekukan aliran darah sehingga mencegahnya semakin meradang. Es juga memberikan sensasi mati rasa sehingga mengurangi rasa sakit.

3. Jangan paksakan pinggul Anda
Setelah periode istirahat, Anda perlu kembali melatih menggerakan pinggul kembali. Namun jangan langsung paksakan pinggul Anda untuk melakukan gerakan-gerakan yang cepat. Sebaliknya bergeraklah dengan perlahan dan pastikan tidak ada tekanan yang membuat cedera rentan timbul kembali.

4. Latih fleksibilitas otot
Langkah selanjutnya setelah beristirahat dan melakukan gerakan perlahan adalah melatih kembali kelenturan otot pinggul. Meski cederanya sudah sembuh, namun istirahat selama beberapa waktu tentu membuatnya kaku. Maka pinggul Anda butuh yang dinamakan latihan kelenturan, namun tetaplah ingat untuk tidak terlalu memaksakan diri Anda.

Anda dapat memulainya dengan berdiri dengan satu kaki. Kemudian tarik kaki lainnya ke punggung, dan tahan pergelangan kaki dengan tangan. Lakukan bergantian untuk kedua kaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com