Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Lebih Langsing? Makanlah di Depan Cermin

Kompas.com - 27/12/2015, 10:15 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com - Sebenarnya menurunkan berat badan itu sangat mudah. Makan di depan cermin, ternyata dapat mendorong kita untuk makan lebih sehat.

Peneliti menemukan, orang yang mengonsumsi makanan tak sehat seperti cake cokelat sambil melihat bayangannya sendiri di cermin, ternyata akan merasakan makanan enak itu kurang enak dan tidak memuaskan.

Para ahli mengatakan, kuncinya ada pada fakta seseorang merasa tak nyaman melihat dirinya sendiri menyantap makanan tak sehat.

Mereka kemudian menyadari, mereka seharusnya mengonsumsi makanan sehat. Akibatnya, para ilmuwan menyarankan kita untuk makan di depan cermin untuk mengurangi konsumsi makanan tak sehat.

Periset juga menemukan, rasa makanan sehat tetap sama dengan atau tanpa cermin. Peneliti utama, Dr Ata Jami dari University of Central Florida mengatakan,"Pandangan di cermin memberi tahu kita lebih daripada penampakan fisik.Cermin itu memungkinkan kita memandang secara obyektif dan membantu kita menilai diri sendiri dan perilaku seperti kita menilai orang lain."

Ilmuwan melakukan uji rasa terhadap 185 mahasiswa di universitas tersebut. Mahasiswa diminta memilih antara cake cokelat dan salad buah.

Mereka kemudian mengevaluasi rasanya di dalam ruangan dengan cermin atau ruangan tanpa cermin.

Mereka yang memilih cake cokelat melaporkan, rasanya kurang enak dalam ruangan dengan cermin. Mereka yang makan cake itu dalam ruangan tanpa cermin melaporkan rasa yang enak.

Sementara itu, keberadaan cermin tak memiliki dampak terhadap rasa salad buah. Cermin ditemukan menekan peserta penelitian untuk membandingkan dan menyesuaikan perilaku dengan standar kebenaran sosial. Ketika seseorang tak sesuai dengan standar itu, mereka tak mau melihat ke cermin.

Sebaliknya, perasaan tak nyaman mengenai ketidaksesuaian standar semakin meningkat. Oleh karena itu, keberadaan cermin menciptakan ketidaknyamanan dan menurunkan rasa yang dikecap dari makanan tak sehat.

Namun, penemuan ini hanya dalam hal ketika seseorang memilih makanan yang mereka makan. Dengan memilih makanan tertentu, mereka merasa bertanggung jawab akan pilihan makanan itu.

Tapi, mengonsumsi makanan sehat tidak menghasilkan ketidaknyamanan. Akibatnya, cermin tidak mengubah rasa makanan sehat.

Studi itu menyimpulkan, sebaiknya cermin diletakkan dalam ruang makan. Dengan begitu, kita jadi dapat menonton diri sendiri saat sedang makan.

Harapannya, dengan menonton diri sendiri makan, kita jadi lebih sering menerapkan pola makan sehat.

Penelitian ini sudah diterbitkan di jurnal Association for Consumer Research.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com