Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/02/2017, 15:15 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com - Kanker ginjal merupakan salah satu dari 10 jenis kanker yang umum ditemui pada orang dewasa. Seorang ahli bedah dari Cleveland Clinic, dr Jihad Kaouk, MD mengatakan, tipe kanker yang paling banyak ditemui adalah karsinoma sel ginjal.

Adanya pertumbuhan tumor ganas di ginjal dapat berakibat fatal bagi tubuh. Ginjal memiliki peran utama untuk menyaring racun, berperan penting dalam kesehatan darah dan produksi urin, memproduksi hormon untuk membantu mencerna makanan, hingga mendorong sumsum tulang belakang untuk produksi sel darah merah.

Ketika ginjal mengalami masalah, yakni terdapat kanker, setidaknya ada 5 gejala yang bisa muncul seperti dikutip dari Prevention.com.

1. Urine berdarah
Urine berdarah merupakan gejala paling umum dari kaker ginjal. Menurut dokter Kaouk, warna darah bisa terlihat segar dan cerah. Bisa juga darah terlihat berwarna gelap. Namun, kanker ginjal stadium dini biasanya tidak memunculkan gejala apapun.

2. sakit punggung
Rasa sakit seperti adanya tekanan di punggung bisa jadi tanda adanya kanker ginjal. Namun, gejala ini biasanya terasa jika massa tumor sudah membesar dan menekan jaringan lain di sekitar ginjal.

Kebanyakan orang baru diketahui memiliki kanker ginjal setelah menjalani CT scan maupun MRI ketika mengeluh sakit punggung ataupun perut.

3. Letih dan lesu
BAnyak penyakit, termasuk kanker ginjal yang ditandai dengan rasa lelah berlebihan terus-menerus. Anda mungkin akan merasa letih dan lesu sepanjang hari tanpa diketahui pasti penyebabnya. Bila disertai gejala nyeri punggung hingga kencing berdarah, periksalah ke doker.

4. Penurunan berat badan
Ginjal berperan penting dalam proses pencernaan makanan dan metabolisme tubuh. Ketika ginjal bermasalah, proses penyerapan nutrisi pun bisa terganggu. Anda bisa mengalami kehilangan napsu makan hingga akhirnya penurunan berat badan.

5. Bermasalah dengan darah
Adanya kanker di ginjal bisa menyebabkan anemia, ketidakseimbangan kalsium, hingga masalah lainnya pada darah. Sayangnya tidak ada gejala khas untuk kanker ginjal sehingga sering dikira penyakit lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com