Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Kimchi untuk Kesehatan yang Sayang untuk Dilewatkan

Kompas.com - 25/12/2022, 18:03 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Kimchi adalah salah satu jenis makanan dari Korea Selatan yang berbahan dasar sawi putih, lobak, atau timun.

Cara membuat kimchi ternyata juga tidak sulit, namun perlu difermentasikan dalam waktu yang tidak singkat untuk menambah cita rasanya.

Baca juga: 4 Manfaat Kesehataan Konsumsi Kimchi

Tidak banyak yang tahu bahwa selain enak, ternyata kimchi sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat kimchi yang perlu diketahui.

Manfaat kimchi untuk kesehatan

Disarikan dari Healthline dan Women’s Health, berikut beberapa manfaat kimchi untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:

  • Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi kimchi secara teratur bisa menurunkan LDL atau kolesterol jahat di dalam tubuh karena kandungan nutrisi yang dimilikinya.

Kimchi juga memiliki level antioksidan yang tinggi karena terdapat campuran cabai dan jahe di dalamnya sehingga menurunkan risiko rusaknya sel dan menghindarkan dari penyakit jantung.

  • Menurunkan berat badan

Kimchi mengandung serat dan probiotik yang akan mendukung kesehatan pencernaan sehingga sangat cocok untuk Anda yang gemar makan kimchi Korea dan sedang melakukan program diet.

Bahkan, mengonsumsi kimchi selama 4 minggu sudah terbukti bisa mengurangi indeks massa tubuh (BMI), berat badan, dan lemak di dalam tubuh.

Baca juga: 4 Manfaat Makan Makanan Fermentasi bagi Tubuh

  • Mencegah infeksi jamur

Bakteri baik dan probiotik yang dikandung oleh kimchi juga bermanfaat untuk mengurangi risiko infeksi jamur. Infeksi jamur yang disebabkan oleh jamur Candida di area vagina bisa dicegah perkembangannya dengan mengonsumsi kimchi.

  • Memperlambat proses penuaan

Salah satu faktor yang mempercepat proses penuaan adalah adanya inflamasi di dalam tubuh. Kimchi memiliki kandungan antiinflamasi yang sangat berguna untuk mencegah terjadinya inflamasi di pencernaan sehingga akan memperlambat proses penuaan.

Baca juga: Apa Saja Efek Samping dari Mengonsumsi Makanan Fermentasi?

  • Mendukung kesehatan mata

Kimchi memiliki kandungan beta-karoten yang merupakan jenis antioksidan yang akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh dan bisa ditemukan pada sawi putih yang menjadi bahan kimchi.

Konsumsi beta-karoten akan mendukung kesehatan mata yang akan semakin menurun seiring bertambahnya usia.

  • Potensial untuk menurunkan gula darah

Mengonsumsi kimchi selama setidaknya 8 minggu bisa menurunkan resistensi insulin dan meningkatkan metabolisme glukosa di dalam tubuh. Hasilnya, terdapat penurunan gula darah yang merupakan salah satu faktor penyebab diabetes.

Selain rasanya enak, ternyata ada banyak sekali manfaat kimchi untuk kesehatan yang tidak boleh dilewatkan. Namun Anda yang tidak kuat dengan rasa pedas, bisa memilih jenis kimchi yang memiliki level pedas lebih rendah agar tidak memicu naiknya asam lambung.

Baca juga: 5 Manfaat Kombucha untuk Kesehatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com