Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenkes Sebut Angka Covid-19 Naik Lagi, tapi Masih Aman

Kompas.com - 07/12/2023, 15:22 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengonfirmasi tren kasus mingguan Covid-19 di Indonesia yang kembali meningkat.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) Kemenkes RI Maxi Rein Rondonuwu mengatakan meski meningkat, kasusnya masih di ambang batas aman.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat Lagi, Ini Anjuran IDI...

"Rata-rata kasus konfirmasi di rumah sakit yang dirawat ada 131 orang. Sekalipun (meningkat), ini masih sangat rendah di bawah level 1," kata Maxi dalam konferensi pers virtual, seperti yang dikutip dari Antaranews pada Rabu (6/12/2023).

Ia menerangkan juga bahwa jumlah kasus Covid-19 mingguan di Indonesia sekarang masih terpantau jauh dari capaian era pandemi yang berkisar ribuan kasus per hari.

Sementara itu, Maxi melaporkan bahwa kasus konfirmasi harian Covid-19 di Indonesia berkisar 34-40 kasus per hari dari hasil tes spesimen yang dilakukan pada sekitar 1.000 orang bergejala per hari.

Baca juga: Kasus Covid-19 Kembali Naik, Ini Rekomendasi Kemenkes...

Adapun kata Maxi, varian Covid-19 yang mendominasi di Indonesia saat ini adalah Omicron XBB1.5.

Ia mengungkapkan bahwa kecenderungan peningkatan kasus Covid-19 di era endemi saat ini juga dilaporkan di sejumlah negara di Asia, seperti Thailand dengan kasus tertinggi, diikuti Singapura.

Oleh karenanya, ia tak lupa mengimbau kepada masyarakat yang bergejala untuk melakukan tes cepat antigen atau PCR di fasilitas kesehatan setempat.

"Kalau gejala berat datang ke rumah sakit," ujarnya.

Baca juga: Studi: Covid-19 Tingkatkan Risiko Sindrom Guillain Barre

Ia lantas meminta masyarakat untuk melakukan proteksi ganda melalui vaksinasi dan menjalankan protokol kesehatan (prokes), yang efektif menekan laju kasus Covid-19 di Indonesia.

"Yang penting lakukan (vaksin) booster sampai akhir tahun masih gratis untuk semua masyarakat. Sesudah tahun depan, kami hanya tanggung untuk lansia dan dewasa muda berkomorbid dan imunokompromais, misalnya obesitas masih bisa ditanggung pemerintah," terangnya.

Kemenkes menganjurkan prokes 3M, yaitu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker saat sakit, serta menjaga jarak, guna mencegah penularan Covid-19 ke orang lain.

"Jaga imunitas dengan makanan bergizi seimbang. Kemudian, jaga jarak, apalagi kalau flu. Itu tentu (dengan) pakai masker, jaga jarak, (agar) jangan sampai menular ke orang lain," ucapnya.

Baca juga: Kenali Covid-19 Pirola, Varian yang Menyebar di AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com