Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Menambah Berat Badan yang Aman? Begini Kata Ahli...

Kompas.com - 24/01/2024, 18:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Memiliki berat badan ideal adalah idaman banyak orang. Karena itu, ada banyak orang dengan tubuh kurus cenderung berusaha menambah berat badannya dengan beragam cara.

Sebelum membahas cara menambah berat badan yang aman, Anda perlu tahu kapan seseorang bisa disebut memiliki tubuh kurus.

Baca juga: Minum Jus Setiap Hari Bisa Bikin Berat Badan Naik, Begini Alasannya...

Dilansir dari P2PTM Kemkes, orang dikatakan memiliki tubuh sangat kurus apabila indeks massa tubuh (IMT) menunjukkan kurang dari 17.

Sementara, orang akan masuk kategori kurus apabila angka IMT memperlihatkan 17-18,5. IMT didapatkan dari membagi berat badan (kg) dengan tinggi badan (meter) yang dikuadratkan.

Lantas, bagaimana cara agar berat badan bisa naik? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan pakar tentang cara menambah berat badan yang aman.

Bagaimana cara menambah berat badan yang aman?

Setiap individu memiliki kiat atau cara yang berbeda-beda agar berat badan naik.

Ada yang mengonsumsi makanan dalam porsi lebih besar dari biasanya dan ada juga yang meningkatkan asupan tinggi gula, lemak, atau karbohidrat sederhana.

Namun sayangnya, cara tersebut tenyata tidak tepat karena bisa menyebabkan kenaikan gula darah, kolesterol, dan trigliserida yang memengaruhi kesehatan.

Pakar gizi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Firlianita Ahdiyanti, S. Gz, menjelaskan cara menambah berat badan yang aman yaitu dengan fokus meningkatkan massa otot, bukan mengonsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat sederhana.

"Meskipun dalam kondisi underweight atau berat badan kurang, itu tidak selalu harus meningkatkan makanan tinggi gula, tinggi karbohidrat sederhana, agar berat badannya naik. Tidak seperti itu," kata Firlianita dalam acara terkait pencegahan obesitas yang digelar daring, seperti dikutip dari Antara, Selasa (23/1/2024).

Baca juga: 11 Manfaat Minum Teh Tanpa Gula, Termasuk Menurunkan Berat Badan

Firlianita melanjutkan, tips meningkatkan massa otot untuk menambah berat badan bisa dilakukan dengan asupan makanan yang cukup.

Anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mengetahui juumlah asupan atau konsumsi makanan harian agar berat badan bisa naik.

Sebagai contoh, jumlah makanan harian seseorang sekitar 2000-2100 kalori, namun berat badannya tak kunjung naik, maka dia bisa dianjurkan meningkatkan asupan protein yang lebih adekuat dari biasanya.

Selain asupan makan, cara menambah berat badan yang aman menurut Firlianita yaitu dengan aktivitas fisik yang bisa membentuk massa otot. Aktivitas fisik tersebut misalnya dengan olahraga angkat beban.

"Jadi tidak fokus di jumlah makanan saja tetapi melalui body building, meningkatkan massa otot dengan cara exercise yang menitikberatkan pada pembentukan otot misalkan angkat beban, dan asupan proteinnya," jelasnya.

Kendati demikian, Firlianita berpendapat, orang dengan kondisi genetik atau yang kurus sejak lahir mungkin perlu menjalani prosedur yang berbeda untuk menambah berat badan.

Pasalnya, individu dengan kondisi tersebut memiliki laju metabolisme basal yang tinggi sehingga makanan yang disantap akan langsung digunakan menjadi energi.

Baca juga: Olahraga 15 Menit Setiap Hari Bisa untuk Menurunkan Berat Badan, Ini Tips Dokter

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com