Kompas.com - 28/12/2013, 15:54 WIB
Gubernur Jakarta Joko Widodo bersepeda dari rumah dinasnya Jalan Taman Surapati, Menteng ke Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (15/11/2013) pagi. Turut serta dalam gowes rutin tersebut, ketua Bike to Work Indonesia, para Duta Besar negara sahabat dan lima orang kepala sekolah. Ajudan JokowiGubernur Jakarta Joko Widodo bersepeda dari rumah dinasnya Jalan Taman Surapati, Menteng ke Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (15/11/2013) pagi. Turut serta dalam gowes rutin tersebut, ketua Bike to Work Indonesia, para Duta Besar negara sahabat dan lima orang kepala sekolah.
|
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Layaknya fesyen, olahraga juga memiliki tren. Seiring waktu, tren bisa bergeser dari yang begitu populer di satu waktu menjadi tenggelam tak terdengar lagi di waktu lainnya. Di tahun 2013, ada beberapa jenis olahraga yang sangat digandrungi dan menyedot animo para pemula.

Berikut Kompas Health merangkum enam jenis olahraga yang dinilai paling populer di 2013.

1. Lari
Meskipun bukan olahraga baru, lari merupakan olahraga yang menjadi tren di tahun 2013. Bahkan boleh dikatakan 2013 adalah tahunnya lari. Bagaimana tidak, hampir setiap akhir pekan lomba lari digelar, khususnya di kota-kota besar.

Hal yang menarik, lomba-lomba lari itu tidak pernah sepi peminat. Dari mulai kalangan selebritas hingga pejabat tidak ketinggalan dalam mengikutinya.

Satu hal lagi yang patut jadi sorotan, olahraga ini juga banyak menarik minat pemula. Bahkan karena tengah menjadi tren, motivasi orang untuk melakukannya lebih didasari oleh keinginan untuk eksis.

Olahraga lari menjadi tren tidak terlepas dari peran komunitas yang menambah besar dan kuat ikatan antarpeminatnya. Sebutlah Indorunner, Garuda Finisher, komunitas-komunitas lainnya yang rutin mengadakan berbagai acara lari bareng.

2. Lari vertikal
Prinsip lari vertikal sama dengan lari pada umumnya, namun perbedaannya terletak pada medan tempat berlarinya. Jika biasanya lari dilakukan di medan datar, maka lari vertikal dilakukan di medan tanjakan tanpa henti berupa anak tangga.

Lari vertikal mulai banyak dilakuakan di tahun 2013. Alasan orang melakukannya bermacam-macam, dari kurangnya medan datar di kota-kota besar sehingga memanfaatkan gedung bertingkat yang menjamur di sana. Hingga alasan ingin membakar lebih banyak kalori.

Ya, penelitian memang menunjukan lari vertikal dapat membakar lebih banyak kalori. Seperti sebuah penelitian asal Universitas Geneva, Swiss, yang mengatakan bahwa lari vertikal dapat membakar kalori sepuluh kali lebih banyak ketimbang lari di permukaan datar biasa.

3. CrossFit
Latihan CrossFit cukup populer di Indonesia tahun 2013 ini. Meskipun olahraga ini sejatinya sudah dilakukan sejak musim panas 2007, namun trennya masih bergaung hingga sekarang.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X