Kompas.com - 02/03/2016, 11:10 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Finlay Church baru berusia 11 tahun. Namun, bocah asal Birmingham, Inggris, ini harus berjuang menghadapi tumor otak yang dialaminya selama bertahun-tahun, hingga akhirnya Church menulis surat wasiat yang begitu menyentuh yang ditujukan kepada semua orang, seperti berikut ini.

"Mengapa aku melakukan ini? Untuk memberi tahu orang apa yang kurasakan. Namaku Finlay Church. Aku suka namaku. Aku suka cokelat dan makanan, aku selalu suka makanan. Aku sering kali menyumpah diriku di dalam kepala. Kadang aku mengatakan kata 's' di kepalaku ketika aku sakit. Sakit itu rasanya seperti sakit, aku tak dapat menjelaskan rasanya dan aku merasa ingin muntah," tulis Church.

Church kemudian menjelaskan betapa muak, lelah, dan bosan dirinya menghadapi sakit yang dirasakannya.

"Untuk ibuku, aku tak tahu harus berkata apa, aku sungguh muak, aku lelah menjalani ini. Aku sangat mencintai ibuku yang gila, bersemangat, dan luar biasa. Kau menolongku menghadapi semua ini. Kau memandikanku, memberiku makan, dan mencintaiku. Aku tak dapat menjelaskan betapa aku mencintaimu dan menghargai pertolonganmu. Kau adalah ibu terbaik di dunia. Aku agak takut, karena kanker," tulis Church.

"Ayahku! Kau lebih perasa dari ibu dan lebih dewasa. Aku sangat mencintaimu karena kau begitu peduli, mendukung, dan kau tak begitu mabuk seperti ibu." Kemudian Church menulis surat terima kasih untuk saudara dan juga anjingnya.

Tak disangka, kalimat terakhir Church justru ditujukan untuk penyakitnya sendiri. "Untuk kanker, 'F' Kanker. Kau membuat hidupku berubah. Baik dan buruk. Aku memiliki pengalaman yang tak pernah aku pikirkan, terima kasih bagi komunitas lokal, keluarga, dan teman. Aku sangat bahagia atas pertolongan kalian. Buruknya dari kanker adalah obat-obatan yang terasa sangat buruk. Aku agak takut kalau kalah dalam pertarungan ini. Aku harap tidak. Aku ingin tetap bertarung," tulis Church.

Namun sayang, empat hari kemudian, Church harus menyerah melawan kanker, dan pergi untuk selamanya.

Church meninggalkan keluarga, sahabat, dan cita-citanya untuk menjadi polisi agar dapat membalas dukungan dan kebaikan dari komunitasnya. Selamat jalan Church.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.