14 Makanan Penurun Asam Urat yang Baik Dikonsumsi

Kompas.com - 25/08/2020, 13:33 WIB
Ilustrasi strawberry. pixabay.com/CouleurIlustrasi strawberry.

KOMPAS.com – Gout atau sering disebut penyakit asam urat adalah suatu penyakit akibat metabolisme purin yang tidak normal.

Sesuai namanya, penyakit asam urat ditandai dengan meningkatnya kadar asam urat dalam darah.

Kondisi itu biasanya akan diikuti juga dengan terbentuknya tofus atau endapan kristal urat di persendian, yang dapat menyebabkan peradangan sendi terutama pada jari jari, pergelangan kaki, tangan, dan lutut.

Baca juga: 7 Komplikasi Asam Urat yang Harus Diwaspadai

Jika kadar asam urat dalam darah tak juga dikendalikan, serangan penyakit asam urat berupa rasa nyeri dapat kambuh sewaktu, sehingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Maka dari itu, penting bagi para penderita penyakit gout untuk dapat mengontrol kadar asam urat dalam darah demi kesehatan.

Diet berupa konsumsi makanan penurun asam urat bisa menjadi pilihan untuk meredakan keluhan.

Berikut ini adalah ragam makanan penurun asam urat yang layak dicoba:

1. Buah ceri

Melansir Medical News Today, penelitian awal menunjukkan bahwa ceri dapat mengurangi risiko serangan asam urat, terutama pada orang dengan riwayat penyakit ini sebelumnya.

Sebuah studi pada 2012 terhadap 633 orang dengan asam urat menemukan bahwa makan ceri selama 2 hari dapat menurunkan risiko serangan asam urat sebesar 35 persen dibandingkan dengan tidak makan ceri.

Baca juga: 4 Tahapan Gejala Asam Urat yang Perlu Diwaspadai

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X