Kompas.com - 02/10/2020, 10:45 WIB
Ilustrasi tomat shutterstockIlustrasi tomat

KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal dengan tomat? Bahan pangan yang satu ini kerap membuat bingung apakah masuk dalam jenis buah atau sayur.

Kebingungan ini tentu dari segi rasa dan tekstur tomat.

Biasanya, bahan pangan yang punya tekstur lembut dan rasa manis dikategorikan ke dalam buah.

Baca juga: 8 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Tubuh

Sebaliknya, sayur sering diidentikan dengan tekstur keras dan pahit.

Ketika berbelanja di pasar kita kerap disuguhi jenis "tomat sayur". Tak hanya itu, tomat kerap diperlakukan sebagai makanan layaknya sayur.

Namun, menilik rasa dan jenis tumbuhannya, tomat justru masuk dalam kategori buah.

Di luar kebingungan apakah tomat adalah buah atau sayur, bahan pangan bernama ilmiah Solanum lycopersicum ini adalah makanan yang lezat dengan kandungan gizi yang tinggi.

Buah berwarna merah ini merupakan sumber antioksidan berupa likopen yang baik bagi tubuh. Likopen punya manfaat besar untuk penurunan risiko kanker dan penyakit jantung.

Tak hanya itu, tomat juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik.

Lebih lengkapnya, begini fakta nutrisi 100 gram tomat

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X