Kompas.com - 06/09/2021, 22:02 WIB

KOMPAS.com - Nyeri dan pembengkakan pada sendi jari biasanya disebabkan oleh peradangan.

Peradangan sendi yang menyebabkan nyeri dan pembengkakan tiba-tiba dapat disebabkan oleh beberapa kondisi.

Kondisi itu termasuk cedera akut pada tangan atau jari maupun dari kondisi sistemik kronis yang menyebabkan peradangan sendi yang meluas.

Baca juga: 9 Cara Mengatasi Peradangan pada Kasus Radang Sendi (Arthritis)

Penyebab penyebab nyeri dan pembengkakan tiba-tiba di sendi jari penting diketahui atau dicari tahu karena menentukan pilihan pengobatan terbaik.

Berikut adalah beberapa kemungkinan kondisi yang dapat memengaruhi persendian jari dan menyebabkan rasa sakit tiba-tiba:

1. Cedera

Cedera pada jari, termasuk jari terjepit, cedera benturan, atau trauma langsung pada tangan atau jari dapat menyebabkan peradangan sendi.

Setelah cedera, sistem kekebalan tubuh merespons dengan mengirimkan darah dan cairan ke area tersebut untuk melindungi bagian yang terluka, sehingga menyebabkan pembengkakan.

Rasa sakit dan pembengkakan biasanya dapat hilang saat cedera mulai sembuh dan aliran darah meningkat ke daerah yang terkena.

2. Infeksi

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.