Kompas.com - 03/10/2021, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Gangguan obsesif-kompulsif (OCD) adalah kondisi kesehatan mental kronis yang ditandai dengan obsesi yang mengarah pada perilaku kompulsif.

Melansir dari Healthline, gangguan obsesif-kompulsif (OCD) ditandai dengan pikiran yang tidak diinginkan (obsesi) dan irasional, serta dorongan berlebihan untuk melakukan tindakan tertentu (kompulsi).

Mengutip Medical News Today, diperkirakan 2 persen populasi di seluruh dunia mengalami kondisi ini.

Gejala OCD biasanya akan muncul saat kanak-kanak dan remaja, sangat jarang muncul pada orang dewasa berusia 40 tahun ke atas.

Baca juga: Panduan Jaga Kesehatan Mental Selama Pandemi dari Kemenkes RI

Biasanya kondisi ini akan terjadi berulang-ulang.

Meskipun orang dengan OCD mungkin tahu bahwa pikiran dan perilaku mereka tidak masuk akal secara logis, mereka sering tidak dapat menghentikannya.

Gejala OCD

Pikiran obsesif atau perilaku kompulsif yang terkait dengan OCD umumnya berlangsung lebih dari satu jam setiap hari dan mengganggu kehidupan sehari-hari.

Beberapa gejala OCD yang muncul meliputi beberapa hal berikut.

Obsesi

Ini adalah pikiran atau impuls yang mengganggu dan berulang kali terjadi.

Orang dengan OCD mungkin mencoba mengabaikan atau menekannya, tetapi mereka mungkin takut bahwa pikiran itu mungkin benar.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.