Kompas.com - 21/10/2021, 09:00 WIB

KOMPAS.com- Saat mendengar kata “toxic parent” mungkin Anda sudah tak merasa masih asing. Sebab,istilah “toxic” kini mungkin sudah sering Anda dengar.

Biasanya, istilah tersebut digunakan untuk menyebut lingkungan atau seseorang yang bisa memberikan dampak emosional buruk bagi kita.

Kita mungkin tidak menyadari bahwa orangtua kita juga bisa menjadi “toxic”. Namun faktanya, banyak anak yang mengalami gangguan kesehatan mental karena didikan dari toxic parent.

Baca juga: Fibromyalgia

Apa itu toxic parent?

Menurut psikolog dari Cleveland Clinic Chivonna Childs, toxic parent atau orangtua beracun adalah orangtua yang mengutamakan kebutuhan mereka dibandingkan anak-anaknya.

“Setiap kali Anda berpikir seseorang itu beracun, Anda melihat perilaku mereka. Sifat-sifat itu juga bisa dimiliki oleh orangtua kita,” tambahnya.

Orangtua kita adalah manusia yang juga memiliki emosi. Jadi, hal yang mungkin jika mereka juga bisa menjadi toxic.

Ciri-ciri toxic parent

Menurut Child, berikut ciri-ciri toxic parent:

1. Mementingkan diri sendiri

Orangtua yang mementingkan dirinya sendiri dibandingkan kepentingan anak-anaknya adalah tanda utama dia seorang toxic parent.

2. Melakukan kekerasan fisik

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.