Kompas.com - 12/05/2022, 17:01 WIB

KOMPAS.com - Banyak orangtua bertanya-tanya, apakah penyebab biang keringat pada bayi selalu terkait cuaca panas atau hal lainnya.

Perlu diketahui, kulit bayi memang cenderung lebih sensitif ketimbang orang dewasa.

Tak pelak, perubahan kecil seperti cuaca lebih mudah memicu ruam pada kulit bayi. Terutama di area lipatan kulit, leher, perut, dan dada.

Biasanya biang keringat pada bayi bukanlah masalah kesehatan yang berbahaya. Simak penjelasan berikut untuk mengenal lebih dekat penyakit ini.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Penyebab biang keringat pada bayi

Biang keringat terjadi ketika keringat terjebak atau tidak bisa mengalir ke luar lewat pori-pori kulit. Kondisi ini membuat lapisan luar kulit teriritasi.

Dilansir dari Medical News Today, ada beberapa penyebab biang keringat pada bayi, di antaranya:

  • Pengaturan suhu tubuh bayi belum optimal

Bayi lebih rentan terkena biang keringat karena tubuh si kecil secara alami belum mampu mengatur suhu tubuhnya ketimbang orang dewasa.

Jadi, ketika tubuh bayi sedikit kepanasan, si kecil bakal mengeluarkan keringat lebih banyak. Kondisi ini rentan memicu biang keringat.

  • Ukuran pori-pori kulit bayi lebih kecil

Di tahap awal kehidupan atau ketika baru lahir, ukuran pori-pori kulit bayi relatif kecil dibandingkan anak-anak atau orang dewasa.

Ukuran pori-pori yang lebih kecil ini juga membuat lubang untuk mengalirkan keringat ke luar tubuh ini lebih mudah tersumbat. Akibatnya, bayi rawan mengalami biang keringat.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Biang Keringat secara Alami dan Pakai Obat

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.