Kompas.com - 06/06/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Penyerapan sinar UV, baik UV A maupun UV B, memberi pengaruh buruk bagi kulit. Untuk itu, Anda membutuhkan tabir surya atau sunscreen.

Sayangnya, penggunaan sunscreen secara tidak tepat bisa menyebabkan kulit tak terlindung dari paparan sinar UV secara optimal.

Kesalahan dalam mengaplikasikan sunscreen, bisa membuat kulit terbakar (sunburn), timbul flek hitam (freckles), warna kulit berubah kecoklatan dan tidak rata (uneven skin tone), penuaan dini, hingga kanker kulit.

Baca juga: Tips Memilih Sunscreen untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat

Jarang disadari, Anda mungkin melakukan kesalahan-kesalahan berikut saat mengaplikasikan sunscreen.

Hanya memakai tabir surya saat cuaca panas

Ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan banyak orang karena berpikir kulit akan rusak hanya saat terkena sinar matahari yang cerah.

Padahal, menurut American Academy of Dermatology (AAD), sunscreen harus tetap diaplikasikan saat cuaca mendung dan ketika di dalam rumah.

Anjuran menggunakan sunscreen di dalam rumah tentu bukan tanpa alasan.

Hal ini karena sinar UV dari matahari masih bisa masuk ke dalam ruangan melalui jendela dan memapar kulit Anda.

Saat berada di rumah, Anda bisa mengaplikasikan sunscreen sekali saja. Namun saat kulit berkeringat atau terkena air, wajib mengaplikasikan kembali.

Tidak memperhatikan masa kadaluarsa tabir surya

Berdasarkan peraturan Food and Drug Administration atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, sunscreen harus digunakan maksimal tiga tahun setelah tanggal produksi.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.