Kompas.com - 16/06/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Payudara wanita mengandung kelenjar susu atau lobulus pembuluh darah, jaringan lemak (adiposa) dan fibrosa, dan saluran limfatik.

Dengan banyaknya anatomi yang ada di payudara, sudah sewajarnya seorang wanita untuk selalu menjaga kesehatan payudara.

Salah satu cara menjaga kesehatan payudara wanita yaitu melakukan pijat payudara yang ternyata memiliki 5 manfaat berikut.

Baca juga: 7 Gejala Kanker Payudara Stadium Awal yang Tak Boleh Diabaikan

1. Menjaga kesehatan payudara sebelum dan saat menyusui

Pijat payudara selama masa kehamilan atau sebelum menyusui dapat mengurangi masalah laktasi yang disebabkan oleh flat niple atau puting datar.

Dikutip dari Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition, pijat juga dapat meningkatkan kualitas ASI seperti memperbanyak asi karena pijat ini mampu menstimulus kekuatan otot pectoralis.

Tak hanya itu, pijat meningkatkan kandungan lemak, dan konsentrasi kasein atau protein utama pada susu.

Selanjutnya, menurut Journal of Korean Academy of Nursing (2011), memijat payudara pada masa nifas dapat meredakan nyeri, mengurangi natrium pada ASI, serta meningkatkan kemampuan menyusu bayi yang baru lahir.

Selain itu, pijat juga dapat mencegah dan mengobati masalah seperti pembengkakak, saluran susu yang tersumbat atau mastitis, dan infeksi jaringan payudara.

Berikut anjuran dari Kemenkes RI mengenai cara memijat payudara untuk mencegah masalah laktasi.

  1.  Letakkan satu tangan pada bagian bawah payudara kiri, sementara tangan lain menekan payudara bagian atas. Gerakkan secara maju mundur dengan perlahan dan lembut. Lalu lakukan gerakan yang sama pada pada payudara kanan.
  2. Posisikan kedua telapak tangan pada bagian depan payudara kemudian gerakkan satu ke atas dan satu kebawah. Ulangi sampai dengan 15-20 kali.
  3. Gunakan ujung ibu jari dan jari telunjuk untuk memelintir pelan puting susu hingga beberapa kali.

Baca juga: 5 Manfaat Konsumsi Jamur, Cegah Kanker Payudara hingga Tunda Kematian

2. Deteksi dini kanker payudara

Pijat payudara juga dapat menjadi cara untuk mengidentifikasi kanker payudara pada stadium awal atau yang dikenal dengan gerakan periksa payudara sendiri (SADARI).

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.