Kompas.com - 19/07/2022, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Setiap orang mungkin pernah mengalami sakit perut atau gangguan pencernaan yang mengganggu aktivitas. Bahkan, untuk sekadar makan dan minum kita pun merasa kesulitan.

Melansir Medical News Today, sakit perut adalah kondisi ketika seseorang merasakan nyeri pada area antara dada dengan selangkangan.

Sakit perut bisa saja disebabkan karena makan makanan tertentu, kumpulan gas, diare, atau sembelit. Sementara itu, beberapa gejala umum sakit perut ialah:

  • mulas
  • kembung
  • asam lambung
  • mual
  • sendawa, kadang mengeluarkan aroma pahit atau berbau busuk
  • kentut
  • cegukan

Baca juga: 6 Macam Penyebab Sakit Perut Pada Bayi

Tips redakan sakit perut

Sakit perut sering membuat kita terus mengeluh dan merasa khawatir. Padahal, pada kondisi ringan, kita dapat meredakan sakit perut dengan cara sederhana ala rumahan.

Gejala sembelit penting dikenali untuk mendukung upaya diagnosis dini dan pengobatan sesegera mungkin gangguan pencernaan ini.

1. Air minum

Mencukupi kebutuhan air tidak hanya membuat kita terhindar dari dehidrasi. Air rupanya juga diperlukan dalama sistem pencernaan.

Sistem pencernaan membutuhkan air untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman secara efisien.

Selain itu, air juga dapat mengurangi rasa mulas dan nyeri di perut. Air juga cegah dehidrasi pada orang yang mengalami muntah atau diare.

2. Jangan berbaring

Orang yang mengalami sakit perut sebaiknya jangan berbaring atau tidur. Pasalnya, saat tubuh berada dalam posisi horizontal, asam di perut cenderung naik ke atas dan membuat mulas semakin menjadi-jadi.

3. Jahe

Mengutip Medical News Today, jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan sakit perut karena penyakit inflamasi usus (IBD).

Jahe dapat membantu mengurangi mual dan muntah. Anda bisa menambahkan jahe pada makanan atau diseduh dengan air panas.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.