Kompas.com - 07/08/2022, 15:00 WIB


KOMPAS.com - Gigi bungsu merupakan gigi geraham paling belakang yang biasanya tumbuh pada usia remaja hingga pertengahan 20-an.

Gigi bungsu juga disebut dengan wisdom teeth karena sering muncul ketika seseorang menginjak usia dewasa dan dianggap lebih bijaksana.

Menurut Asosiasi Dokter Gigi Amerika (ADA), gigi bungsu yang tumbuh baik akan membantu seseorang untuk mengunyah dengan lebih baik.

Sebaliknya, jika tumbuhnya tidak benar, maka akan menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman sehingga perlu dicabut.

Baca juga: Gigi Bungsu

Kapan gigi bungsu perlu dicabut

Menurut Healthline, hampir semua orang dewasa memiliki gigi bungsu.

Meskipun tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan bahwa gigi bungsu tersebut akan keluar, gigi bungsu tersebut tetap ada dan bisa dilihat melalui X-ray.

Pada beberapa kondisi, gigi bungsu tidak perlu dicabut. Namun jika ternyata rahang tidak memiliki tempat yang cukup untuk menampungnya, maka gigi bungsu perlu dicabut.

Healthline juga menambahkan bahwa gigi bungsu yang tidak dicabut akan menyebabkan beberapa permasalahan, seperti infeksi.

Pada sebagian orang, gigi bungsu yang tumbuh dibarengi dengan sakit kepala sehingga menyebabkan ketidaknyamanan.

Menurut ADA, gigi bungsu akan bergerak untuk menembus gusi dan pada saat inilah muncul rasa sakit, termasuk sakit kepala.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.