Kompas.com - 01/09/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Rasa panas atau kembung yang dirasakan setelah makan merupakan salah satu gejala naiknya asam lambung ke dalam saluran pencernaan.

Gejala ini merupakan gejala yang wajar untuk dialami, namun jika Anda mengalaminya lebih dari dua kali dalam satu minggu, bisa jadi itu adalah tanda penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD).

Melansir Hopkins Medicine, salah satu otot di dalam perut yang disebut dengan sfingter esofagus inferior bertugas untuk menghalangi makanan untuk keluar kembali ketika sudah masuk ke dalam perut.

Baca juga: 3 Cara Alami Mengatasi Refluks Asam Lambung Akibat Radang Kerongkongan


Ketika sfingter esofagus inferior ini tidak tertutup dengan baik atau terlalu sering terbuka, maka perut akan memproduksi asam yang bisa naik ke esofagus yang menghubungkan antara perut dengan kerongkongan.

Jika hal ini terjadi, maka akan timbul ketidaknyaman dan rasa sakit.

GERD sendiri bisa diobati menggunakan obat medis yang disediakan oleh dokter, namun sekarang sudah ada beberapa jenis pengobatan alami yang digunakan untuk mengatasi GERD.

Salah satunya adalah menggunakan air lemon yang dinilai bisa menurunkan asam lambung.

Air lemon dan asam lambung

WebMD menyebutkan bahwa GERD disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu dan salah satunya adalah makanan yang terlalu asam, seperti lemon.

Namun, kandungan lemon dipercaya bisa menetralkan asam lambung sehingga gejala GERD yang dirasakan akan semakin berkurang.

Meskipun begitu, terdapat simpang siur tentang manfaat air lemon untuk menurunkan asam lambung.

Baca juga: 4 Jenis Minuman Ini Bisa Memicu Asam Lambung

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.