Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percuma Perawatan Mahal kalau Gaya Hidup Tidak Sehat

Kompas.com - 01/06/2024, 12:03 WIB
Rini Agustin,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Untuk mendapatkan tampilan kulit yang sehat, bersih, dan kencang, dibutuhkan pemakaian skincare yang tepat dan terkadang perlu ditunjang dengan perawatan di klinik kecantikan.

Semua perawatan yang tentunya tidak murah itu akan menjadi sia-sia jika tidak dibarengi dengan gaya hidup yang sehat.

“Karena percuma kita perawatan mahal-mahal tapi masih menerapkan gaya hidup yang tidak sehat,” ujar dokter spesialis kulit Arini Widodo SpDVE, dalam acara Soft Launching Exion, yang digelar oleh BTL Aesthetics di Jakarta, Kamis (30/5/2024).

Ia menjelaskan, proses penuaan dipengaruhi oleh faktor intrinsik seperti genetik dan perubahan hormon. Faktor ini tidak bisa kita ubah.

"Namun, faktor yang paling berperan adalah faktor ekstrinsik yang berkaitan dengan gaya hidup seperti merokok, mengonsumsi junk food, polusi lingkungan, paparan sinar matahari, dan kesehatan secara keseluruhan," kata dr Arini.

Baca juga: Keunggulan Perawatan Kulit Wajah dengan Laser

Pola hidup kita sehari-hari yang sehat jauh lebih penting untuk mencegah penuaan dini dibanding menggunakan skincare yang hanya berperan melindungi kulit dari luar tubuh.

“Banyak orang sibuk cari skincare untuk anti-aging, tapi perilakunya sangat kontradiktif terhadap skincare mahal yang sudah dia beli. Penggunaan skincare juga harus diimbangi dengan gaya hidup yang sehat,” tuturnya.

Mengonsumsi makanan rendah gula dan lemak seperti junk food juga berpengaruh pada kondisi kulit. Tak kalah penting adalah menghindari paparan asap rokok.

Penelitian menunjukkan, kulit yang terpapar asap rokok mengalami kerutan lebih cepat dibanding yang tidak terpapar asap rokok.

Selain itu, selalu gunakan sunscreen saat akan beraktivitas di bawah sinar matahari.

"Penyebab faktor penuaan yang utama adalah sinar matahari.Jadi begitu kita hindari paparan matahari, langsung hilang 90 persen risiko penuaan dini,” jelasnya.

Baca juga: Alat Pengencang Wajah Terbaru Dilengkapi Fitur AI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com