Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Alami Menginduksi Persalinan, Termasuk Stimulasi Puting

Kompas.com - 17/11/2022, 19:30 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Kebanyakan ibu hamil dengan usia kandungan di atas 37 minggu mulai tak sabar menantikan kelahiran buah hati.

Selain tak sabar menunggu kelahiran si kecil, hamil tua juga membuat beberapa wanita merasa tak nyaman karena kondisi seperti:

  • perut dan tubuh yang kian membesar
  • susah gerak
  • sulit tidur
  • sakit punggung
  • peningkatan frekuensi buang air kecil.

Baca juga: Menyusui Dapat Turunkan Risiko Depresi Pasca Persalinan

Sebagian dari ibu hamil juga dirundung rasa cemas jika tak kunjung merasakan tanda-tanda persalinan menjelang HPL. Tetapi, alih-alih cemas, ibu hamil dapat mencoba cara alami menginduksi persalinan berikut.

1. Stimulasi puting

Stimulasi puting berkepanjangan mendorong kelenjar pituitari untuk melepaskan oksitosin yang memicu kontraksi persalinan pada ibu hamil.

Hal itu dibuktikan dari penelitian Conchrane Database pada 719 wanita dengan kehamilan di atas 37 minggu.

Penelitian itu menunjukkan hampir 40 persen wanita yang merangsang putingnya selama 1-3 jam per hari dapat melahirkan bayinya dalam tiga hari setelahnya.

Namun, Anda harus berhati-hati agar tidak merangsang rahim secara berlebihan dan menyebabkan kontraksi terlalu kuat.

Para bumil sebaiknya juga berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk memantau kondisi janin dan detak jantungnya.

 

2. Seks

Hubungan seksual atau penetrasi yang dilakukan suami istri juga dapat dijadikan metode alami dalam menginduksi persalinan.

Mengutip Parents, air mani atau sperma yang dikeluarkan di dalam vagina mengandung lemak pelembut leher rahim yang disebut prostaglandin.

Selain itu, orgasme dapat menyebabkan kontraksi rahim yang kuat, sehingga manfaat yang berpotensi memicu persalinan tidak terbatas pada penetrasi atau hubungan seksual saja.

Baca juga: Tanda-tanda Persalinan yang akan Dialami Ibu Hamil

Sebuah studi menunjukkan 200 ibu hamil dalam kondisi sehat yang rutin melakukan hubungan seks setelah 36 minggu, kecil kemungkinan bersalin setelah hari perkiraan lahir (HPL).

Kendati demikian, bumil yang memiliki risiko persalinan prematur dan kondisi plasenta previa dianjurkan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan terkait aktivitas seksual.

3. Minyak jarak

Minyak jarak sering dijadikan alternatif untuk menginduksi persalinan. Ibu hamil disarankan untuk meminum langsung minyak jarak demi mempercepat kelahiran bayinya.

Bahan alami satu ini menjadi andalan beberapa orang karena pencahat botani dapat merangsang otot polos usus yang memicu pelepasan prostaglandin dan mendorong kontraksi rahim.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com