Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Khasiat Kunyit untuk Kesehatan Anak Selain Mengatasi Demam

Kompas.com - 22/12/2022, 15:01 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Kunyit merupakan tanaman herbal yang cukup mudah ditemui di pasar tradisional. Selain dijadikan bumbu pada makanan, khasiat kunyit untuk kesehatan anak juga membuat rempah-rempah satu populer di kalangan orangtua.

Beberapa orang mungkin sudah sering memanfaatkan kunyit dalam bentuk rempah atau bubuknya untuk mengobati demam pada anak.

Baca juga: 8 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

Biasanya, kunyit dicampur dengan ASI, susu formula, atau air putih hangat lalu diminumkan kepada anak demi meredakan demam.

Namun, tahukah Anda bahwa khasiat kunyit untuk kesehatan anak ternyata tidak terbatas untuk mengatasi demam?

Khasiat kunyit untuk kesehatan anak

Rempah-rempah berwarna kuning memiliki aneka khasiat untuk kesehatan anak yang perlu diketahui para orangtua, antara lain:

  • Mengatasi pilek dan flu

Pilek dan flu merupakan gangguan terkait sistem pernapasan yang sering muncul akibat infeksi dari kuman, bakteri, atau pun virus.

Diketahui, kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba sehingga kunyit dapat membantu mengobati flu.

Ayah atau ibu dapat mencampur kunyit dengan air jahe atau madu, lalu memberikan campuran herbal tersebut kepada si kecil agar pilek dan flunya lekas mereda.

Baca juga: Manfaat Kunyit untuk Meredakan Demam pada Anak di Bawah 1 Tahun

  • Antiseptik untuk menyembuhkan luka

Terjatuh dan memiliki luka adalah hal wajar yang bisa terjadi pada anak-anak, terlebih saat mereka sedang aktif-aktifnya bermain.

Kondisi tersebut kerap membuat sebagian orangtua khawatir karena si kecil bisa saja mengalami memar, bahkan pendarahan.

Menariknya, luka si kecil ternyata dapat diatasi dengan kunyit karena rempah-rempah tersebut bisa berguna sebagai antiseptik untuk menyembuhkan luka.

Cara mengaplikasikan kunyit pada luka sangatlah sederhana. Pertama-tama, orangtua perlu membersihkan terlebih dahulu luka anak dengan air mengalir dan menghentikan pendarahan.

Selanjutnya, oleskan parutan kunyit di atas bagian yang terluka. Namun, pengobatan alternatif dengan kunyit hanya bisa dilakukan apabila luka tergolong ringan atau berupa memar dan goresan kecil.

Jika lukanya dalam dan membutuhkan jahitan atau perawatan medis tertentu, orangtua bisa memberi anak secangkir susu dengan sejumput bubuk kunyit untuk membantu penyembuhan dari dalam tubuh.

  • Mengurangi rasa sakit

Dilansir dari Baby Destination, kunyit tidak hanya menyembuhkan luka tetapi juga mengurangi rasa sakit karena dikenal sebagai pereda atau penghilang rasa sakit secara alami pada anak-anak.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com