Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Mengalami Sleep Apnea karena Asam Lambung?

Kompas.com - 28/08/2023, 20:13 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Sleep apnea terjadi ketika saluran pernapasan menyempit sehingga membuat napas terhenti sementara ketika tidur. Namun, bisakah mengalami sleep apnea karena asam lambung?

Ternyata, asam lambung dan sleep apnea berkaitan. Namun, beberapa ahli masih meragukan apakah asam lambung menyebabkan sleep apnea, dan sebaliknya.

Untuk lebih jelasnya, ketahui kaitan antara sleep apnea dan asam lambung, serta cara tidur nyenyak jika mengalami salah satu atau kedua masalah kesehatan tersebut.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Obstructive Sleep Apnea, Penyebab, dan Gejalanya

Bisakah mengalami sleep apnea karena asam lambung?

Ternyata, kaitan antara sleep apnea dan asam lambung masih diperdebatkan oleh beberapa ahli.

Dilansir dari Sleep Foundation, meskipun sama-sama dapat mengganggu kualitas tidur di malam hari, masih menjadi perdebatan apakah sleep apnea menyebabkan asam lambung, asam lambung menyebabkan sleep apnea, atau apakah keduanya sekadar memiliki kesamaan faktor risiko.

Pasalnya, penyakit asam lambung dapat memengaruhi pernapasan sehingga tubuh kehilangan kemampuan untuk bernapas secara normal ketika tidur.

Kondisi ini akan membuat Anda merasa tercekat, terengah-engah, atau sulit bernapas. Beberapa gejala tersebut juga merupakan gejala sleep apnea.

Penderita sleep apnea tidak akan mendapatkan waktu tidur yang cukup sehingga berdampak negatif pada kesehatan esofagus atau kerongkongan.

Kondisi ini juga akan meningkatkan risiko penyakit asam lambung pada penderita sleep apnea.

Selain itu, beberapa faktor risiko sama-sama akan menyebabkan asam lambung dan sleep apnea, seperti obesitas, kebiasaan minum minuman beralkohol, dan merokok.

Meskipun kaitan antara sleep apnea dan penyakit asam lambung masih perlu diteliti lebih lanjut, keduanya sama-sama dapat membuat tidur tidak nyenyak dan dapat memicu masalah kesehatan yang lebih serius.

Baca juga: Apakah Sleep Apnea Bisa Disembuhkan? Berikut Penjelasannya…

Cara tidur nyenyak jika mengalami sleep apnea atau asam lambung

Meskipun masih diperdebatkan, sleep apnea dan asam lambung sama-sama dapat mengganggu waktu tidur.

Asam lambung dan sleep apnea dapat diatasi dengan medis sehingga gejala yang muncul dapat dikurangi.

Namun, melakukan perubahan kebiasaan juga dapat meringankan gejala asam lambung dan sleep apnea yang dialami.

Disarikan dari Healthline dan Sleep Foundation, ada beberapa cara tidur nyenyak jika mengalami sleep apnea atau asam lambung yang bisa dicoba, seperti:

  • Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi daripada tubuh, seperti dengan menumpuk bantal
  • Tidur dengan posisi tubuh miring ke samping agar saluran pernapasan tetap terbuka
  • Menghindari makan malam yang terlalu dekat dengan waktu tidur, atau tunggu setidaknya dua hingga tiga jam setelah makan sebelum tidur
  • Menghindari konsumsi minuman beralkohol dan berkafein di malam hari
  • Berolahraga secara rutin, namun hindari melakukan olahraga dengan intensitas tinggi sebelum tidur

Selain beberapa cara di atas, Anda yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas dianjurkan untuk menurunkan berat badan sehingga gejala sleep apnea dan asam lambung dapat dikurangi.

Jadi, bisakah mengalami sleep apnea karena asam lambung? Ternyata meskipun saling berkaitan, efek sleep apnea pada asam lambung dan sebaliknya masih diperdebatkan.

Meskipun begitu, Anda tetap diimbau untuk mencari bantuan medis ketika penyakit asam lambung atau sleep apnea yang dialami mulai mengganggu waktu tidur agar bisa segera mendapatkan perawatan serta pengobatan yang diperlukan.

Baca juga: 9 Cara Mengobati Sleep Apnea secara Alami dan Medis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com