Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Olahraga Penurun Berat Badan, Cocok untuk Pemula

Kompas.com - 15/11/2023, 06:00 WIB
Agustin Tri Wardani,
Ria Apriani Kusumastuti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cara menurunkan berat badan tidak hanya dengan mengubah kebiasaan makan, tetapi juga meningkatkan rutinitas olahraga.

Olahraga penurun berat badan harus dilakukan secara teratur dan tepat agar membantu Anda mencapai berat badan yang ideal. 

Beberapa jenis olahraga yang bisa dicoba, seperti berenang, berjala kaki, hingga latihan kekuatan.

Untuk mengetahui apa saja olahraga-olahraga yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu cara olahraga yang tepat di bawah ini.

Baca juga: 5 Manfaat Olahraga untuk pasien Gagal Ginjal

Cara olahraga menurunkan berat badan

Seperti yang diketahui, olahraga yang tepat dan teratur akan sangat membantu dalam menurunkan berat badan.

Penting juga untuk memasukkan pola makan sehat ke dalam pola hidup, karena nutrisi yang tepat akan membantu mendorong olahraga yang dilakukan dan dapat membantu membakar lemak tubuh dengan lebih efisien.

Melansir Verywell Fit, berikut adalah beberapa tip atau cara olahraga menurunkan berat badan lainnya yang perlu diketahui.

  • Menerapkan NEAT

NEAT atau non-exercise thermogenesis activity adalah semua aktivitas fisik yang dapat Anda lakukan sepanjang hari yang juga bisa membakar kalori.

Cara melakukannya adalah dengan mengajak hewan peliharaan jalan-jalan, membawa pulang belanjaan dari toko, atau berjalan-jalan sebentar saat waktu istirahat untuk membakar kalori melalui aktivitas non-olahraga.

Salah satu cara mudah untuk mengukur NEAT adalah dengan menghitung langkah harian Anda dengan pedometer atau monitor aktivitas.

Untuk pemula, mulailah dengan menargetkan 10.000 langkah per hari . Kemudian tingkatkan sasaran Anda menjadi 15.000 atau bahkan 20.000 langkah.

Baca juga: Bolehkah Jalan Kaki di Siang Hari? Berikut Penjelasannya…

  • Memilih jenis latihan yang terbaik

Saat melakukan diet, Anda dapat mulai berolahraga setelah tubuh Anda menyesuaikan diri dengan pengurangan kalori.

Setelah tingkat energi Anda disesuaikan dengan pola makan baru dan Anda telah belajar memaksimalkan NEAT, Anda dapat menambahkan program olahraga.

Olahraga yang konsisten akan membantu membakar lebih banyak kalori, mempercepat proses penurunan berat badan, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Sebaiknya, mulai dengan olahraga ringan dan tingkatkan intensitas olahraga secara bertahap sesuai dengan kebugaran tubuh. 

  • Mulai konsisten dalam berolahraga

Setelah memulai olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan, Anda harus bisa konsisten dalam melakukan olahraga selama lima hingga enam hari seminggu untuk hasil yang maksimal.

Pastikan untuk beristirahat minimal satu hari dalam seminggu agar otot Anda pulih dan bisa kembali kuat untuk berolahraga.

Variasikan jenis olahraga untuk hasil yang lebih baik, khususnya ketika Anda mulai merasa rutinitas olahraga menjadi tidak teratur dan tidak mendapatkan hasil yang diinginkan.

Sebaiknya, fokuslah pada latihan yang berbeda sepanjang minggu, seperti latihan aerobik tiga hari seminggu dan latihan kekuatan dua hari seminggu.

  • Lebih banyak bergerak dan lebih sedikit duduk

Duduk dalam waktu lama sudah terbukti dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, kanker, dan kematian dini.

Bahkan, risiko tersebut akan tetap ada meskipun Anda rajin berolahraga.

Ternyata, berolahraga saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan karena Anda juga perlu melakukan perubahan kebiasaan.

Baca juga: Bolehkah Olahraga Jalan Kaki Malam Hari? Berikut Penjelasannya…

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com