Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/01/2024, 14:00 WIB
Khairina

Penulis

KOMPAS.com- Cara terbaik untuk mengatasi flu adalah dengan beristirahat dan menjaga asupan cairan ke dalam tubuh.

Selain itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar tubuhmu terasa lebih baik.

Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, flu disebabkan oleh virus influenza, baik influenza A, influenza B, dan influenza C.

Tingkat keparahan pada flu tergolong cukup berat, yaitu pasien akan merasakan demam tinggi 3-5 hari, serimg sakit kepala berat, batuk kering, sakit tenggorokan, badan gemetar dan menggigil, nyeri otot sekujur tubuh, hingga kelelahan parah selama 2-3 minggu dan muntah.

Baca juga: Ahli Jelaskan Gejala Covid-19 Terbaru Mirip Flu

Itu sebabnya, tips-tips yang ditulis Healthline di bawah ini penting untuk membantu mengatasi flu dengan cepat.

Tips agar cepat pulih dari flu

1. Tinggal di rumah

Tubuh membutuhkan waktu dan energi untuk memerangi virus flu. Artinya, kegiatan rutin sementara harus dikesampingkan.

Selain membantu memulihkan tubuh, tinggal di rumah saat flu juga berarti mencegah penyebaran virus flu ke orang lain. Flu bisa jadi berbahaya untuk lansia atau bayi dan balita. Oleh karena itu, penting bagi penderita flu untuk menghindari kontak dengan orang lain.

2. Cukup cairan

Salah satu gejala flu adalah demam tinggi, yang bisa membuat orang berkeringat. Flu juga bisa menyebabkan seseorang muntah atau diare. Tubuh membutuhkan banyak cairan untuk mengganti cairan yang hilang dan melawan infeksinya.

Penderita flu sebaiknya minum air putih, tetapi bisa juga mengonsumsi teh herbal atau teh dengan madu. Ada dua hal yang harus dihindari saat flu, alkohol dan kafein.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Flu dan Pilek

3. Tidur sebanyak mungkin

Tidur adalah obat terbaik untuk tubuh saat memerangi flu. Tidurlah lebih awal. Penderita flu bisa juga tidur siang untuk memberi tubuh lebih banyak waktu untuk pemulihan.


Istirahat dan tidur juga mengurangi risiko dari komplikasi flu yang serius seperti pneumonia.

4. Ringankan pernapasan

Sulit untuk tidur dalam kondisi hidung tersumbat dan batuk. Kamu bisa mencoba beberapa tips di bawah ini agar bernapas lebih mudah dan tidur lebih nyenyak di malam hari:
1. Gunakan bantal tambahan
2. Gunakan humidifier atau vaporizer di ruangan
3. Mandi dengan air panas sebelum tidur

5. Makan makanan bergizi


Tubuh membutuhkan nutrisi yang baik untuk sembuh dari flu. Buah-buahan segar dan sayuran menyediakan vitamin, mineral, dan antioksidan untuk memperkuat sistem imun agar dapat melawan virus.
Penderita flu biasanya kehilangan nafsu makan, namun penting untuk menyantap makanan agar kekuatan tubuh tetap terjaga.

6. Jaga kelembapan udara


Udara yang kering bisa memperburuk gejala flu. Vaporizer dan humidifier membuat udara lebih lembap dan melancarkan pernapasan.

7. Konsumsi obat


Obat flu dan pilek banyak dijual bebas di apotek, beberapa di antaranya ditujukan untuk gejala tertentu misalnya, hidung tersumbat.
Sebelum mengonsumsi obat, pastikan membaca labelnya atau agar konsultasikan dengan tenaga medis.

8. Madu untuk meredakan batuk


Madu adalah pengobatan alami untuk meringankan sakit tenggorokan atau batuk. Mencampurkan madu dengan teh adalah cara terbaik untuk menjaga asupan cairan tubuh sekaligus mengobati gejala flu.

9. Vaksin flu


Vaksin flu tahunan diproduksi berdasarkan prediksi saintis soal strain flu yang akan mendominasi di musim flu mendatang. Disuntik vaksin flu setelah menderita flu bisa melindungi dari strain yang lain.

10. Tetap positif


Emosi dan sikap memengaruhi perasaan kita secara fisik. Meskipun pikiran positif tidak dapat menyembuhkan hidung tersumbat atau demam, mempertahankan sikap positif selama sakit dapat membantu pemulihan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com