Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Dipijat, Ini yang Harus Dilakukan Ketika Keseleo

Kompas.com - 18/01/2024, 11:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Keseleo adalah kondisi ketika ligamen, otot, atau tendon mengalami cedera. Penyebab keseleo bisa karena peregangan yang berlebihan atau robekan pada ligamen, otot, dan tendon.

Dikutip dari Hermina Hospitals, beberapa aktivitas pemicu keseleo, antara lain berjalan atau berolahraga di medan yang tidak rata, melakukan gerakan berputar, melakukan pendaratan atau jatuh pada posisi yang salah, dan teknik yang kurang tepat saat workout.

Baca juga: 5 Penyebab Leher Kaku, Bisa Keseleo sampai Tanda Penyakit

Dilansir dari Medical News Today, nyeri pada sendi yang terkilir adalah keluhan umum yang dirasakan orang saat keseleo. Selain itu ada beberapa gejala keseleo lainnya, yaitu:

  • Nyeri pada sendi yang terkilir
  • Sendi tampak memar atau kemerahan
  • Pembengkakan di area sendi yang cedera
  • Kemampuan gerak terbatas pada sendi yang terkilir
  • Mengalami kejang otot, kram, atau mati rasa
  • Rasa kaku pada sendi yang terkilir.

Ketika keseleo tidak dianjurkan untuk memijat atau mengurut bagian yang sakit. Lantas, apa yang harus dilakukan ketika keseleo?

Bukan dipijat, ini yang harus dilakukan ketika keseleo

Dokter spesialis ortopedi dan traumatologi dr. Andi Praja Wira Yudha Luthfi, Sp.OT, menjelaskan hal yang harus dilakukan ketika keseleo yaitu dengan mengompres area sakit, bukan dipijat atau diurut.

Memijat area yang cedera justru bisa menyebabkan keseleo bertambah parah, apalagi jika mengenai area otot yang terluka.

"Kami sarankan untuk tidak langsung diurut tetapi kompres dengan air dingin pada bagian kaki yang alami keseleo," kata dokter Andi, dilansir dari Antara, Rabu (17/1/2024).

Andi melanjutkan, tujuan mengompres menggunakan air dingin atau es yaitu agar pembuluh darah yang robek menyempit.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Keseleo yang Bisa Dijajal di Rumah

Setelah dikompres, bagian kaki yang sakit bisa diperban dan meninggikan kaki dengan bantal atau penyangga lain.

"Setelah proses kompres dan perban selesai dilakukan, maka pasien dianjurkan melalukan elevasi yakni meninggikan kaki daripada jantung dengan bantuan bantal atau penyangga lain sehingga tak ada penumpukan darah pada bagian bawah yakni kaki," ujar Andi yang berpraktik di Eka Hospital Permata Hijau.

Penderita keseleo sebaiknya juga beristirahat atau mengurangi aktivitas fisik agar nyeri dan pembengkakan sendi tidak semakin parah.

Apabila dengan cara di atas keseleo tak kunjung sembuh, Anda sebaiknya mengunjungi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapat diagnosis dan perawatan yang sesuai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com