Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Noerolandra Dwi S
Surveior FKTP Kemenkes

Menyelesaikan pascasarjana FKM Unair program studi magister manajemen pelayanan kesehatan. Pernah menjadi ASN di Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban bidang pengendalian dan pencegahan penyakit. Sekarang menjadi dosen di Stikes NU di Tuban, dan menjalani peran sebagai surveior FKTP Kemenkes

Kebutuhan Layanan Eksekutif Kesehatan

Kompas.com - 07/02/2024, 09:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

BARU-baru ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan perlunya rumah sakit menggaet pasien eksekutif lewat layanan eksekutif yang dikembangkan.

Dengan SDM profesional, sarana prasarana dan alat kesehatan canggih, diharapkan mampu menghadirkan layanan eksekutif yang berkualitas dan berstandar internasional (Kemenkes, 3 Feb 2024).

Dengan meningkatnya kunjungan pasien eksekutif, maka pendapatan rumah sakit meningkat, kesejahteraan SDM kesehatan (dokter, perawat, bidan, dll) juga meningkat.

Selain itu, dapat mengadakan alat kesehatan berteknologi tinggi mutakhir, serta dimanfaatkan untuk subsidi pasien BPJS yang banyak complicated dan cover BPJS mereka masih di bawah biaya layanan.

Benarkah layanan eksekutif telah menjadi kebutuhan sekarang ini?

Layanan eksekutif kesehatan merupakan layanan di atas standar dengan dokter spesialis lengkap dan teknologi canggih dalam penanganan pasien.

Pelayanan yang cepat dan kenyamanan menjadi tanda dalam layanan eksekutif. Tentu hal ini membutuhkan biaya lebih tinggi dari layanan reguler. Ada ekslusifitas layanan yang diberikan pada pasien yang mampu membayar.

Pelaksanaan layanan eksekutif, baik di rumah sakit maupun klinik memang berbeda dengan layanan kebanyakan (reguler).

Fasilitas yang excellent, pelayanan cepat (tidak terdapat antrean), ruang tunggu layaknya hotel, ruangan pelayanan luas dan nyaman, dan one stop service dapat diperoleh. SDM profesional yang terpilih dan terlatih yang kompetensinya terus ditingkatkan.

Penggunaan teknologi kedokteran canggih dilaksanakan dalam layanan eksekutif. Dokter spesialis dan subspesialis tersedia.

Beberapa layanan seperti cath lab atau laboratorium kateterisasi jantung, layanan neuro kardiovaskular, layanan spine (tulang belakang), arthroplastyc (operasi sendi), pediatric and limb reconstruction (rekontruksi pediatric serta lengan dan tungkai), oncology (spesialis kanker), pelayanan operasi terintegrasi atau modular operating theatre (MOT), dan banyak lagi.

Pada dasarnya semua layanan kesehatan medis dapat menjadi layanan eksekutif. Sebelumnya dalam rawat inap kita mengenal layanan kamar VIP dan VVIP yang diperuntukkan pada pasien yang membutuhkan kenyamanan pelayanan. Pasien mendapatkan layanan privat hingga mendapatkan kesembuhan.

Dalam era JKN di mana secara mandatory masyarakat menjadi peserta BPJS Kesehatan, ada kelas layanan 1, 2 dan 3. Pada 2025, BPJS Kesehatan akan mengubahnya menjadi KRIS (Kelas Rawat Inap Standar). Tujuannya untuk mewujudkan ekuitas, yaitu kesamaan dalam pelayanan sesuai kebutuhan medisnya.

Dalam penerapan KRIS hanya ada dua kelas layanan, yaitu Kelas Rawat Inap Standar Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan Kelas Rawat Inap Standar Non PBI. Dengan demikian, akan ada perubahan iuran yang harus dibayarkan.

BPJS belum menetapkan karena proses aktuaria masih berlangsung dengan memperhatikan inflasi, kebutuhan pelayanan kesehatan dan kemampuan membayar masyarakat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com