Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaborasi Telemedisin dan Asuransi Kesehatan Perkuat Layanan Medis Modern

Kompas.com - 27/02/2024, 09:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Telemedisin memungkinkan konsultasi medis jarak jauh yang nyaman dan aman, sementara asuransi memberikan perlindungan finansial untuk biaya kesehatan.

Dengan kolaborasi ini, maka pemegang polis bisa mendapatkan akses lebih cepat kepada dokter bahkan klinik dan rumah sakit, tanpa uang tunai, dan meningkatkan hasil kesehatan secara keseluruhan.

Platform kesehatan digital, Alodokter, mengumumkan kolaborasinya dengan asuransi kesehatan untuk memenuhi perkembangan kebutuhan layanan kesehatan yang modern.

Co-Founder dan President Director dari Alodokter, Suci Arumsari, mengatakan Alodokter mengintegrasi layanan Dokter Pribadi dan Electronic Medical Record bagi pemegang asuransi ditambahkan dengan proses verifikasi KTP, untuk memastikan medical record memang adalah milik satu individu pasien.

Kerjasama telemedisin dengan asuransi seperti ini merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia.

Baca juga: Kompetensi Telemedisin dalam Pendidikan Dokter

"Ini bukan hanya soal meningkatkan layanan kesehatan, tetapi juga memberikan perlindungan yang lebih baik bagi semua orang. Melalui kemitraan ini, setiap individu memiliki akses tak terbatas kepada Dokter Pribadi mereka untuk berbagi permasalahan kesehatan," kata Suci dalam keterangan pers.

Ia mengatakan, pentingnya verifikasi KTP ke dalam proses layanan bertujuan untuk menghindarkan kekeliruan layanan, serta untuk keamanan dan ketepatan diagnosa yang diberikan oleh dokter sehingga sesuai dengan kondisi pasien.

Perusahaan asuransi yang termasuk dalam kerjasama ini dan mendapatkan layanan telemedisin dari Alodokter adalah Sequis, Equity, Chubb, Prudential, CAR, Pertalife, BCA Life, Asuransi Sinar Mas, ACA Insurance, Sompo, BNI Life, Bosowa, Bumida, Bumida Syariah, PGN Group, Mc Connell Dowell Indonesia, Takaful, Intra Asia, Harta, Corporate Fullerton, Ramayana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com