Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda-tanda Penyakit Mental Serius yang Harus Diwaspadai

Kompas.com - 04/05/2024, 10:00 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Penyakit mental serius berpotensi menimbulkan banyak gangguan pada kualitas hidup individu.

Mengutip Serious Mental Illness (SMI) Adviser, penyakit mental serius adalah sebagian kecil dari 300 penyakit mental yang tercantum dalam The Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM).

Baca juga: Apakah Kesepian Merupakan Masalah Kesehatan Mental?

Penyakit mental serius mencakup gangguan, seperti gangguan bipolar, gangguan depresi mayor, skizofrenia, dan gangguan skizoafektif.

Penyakit mental serius didefinisikan sebagai seseorang yang berusia di atas 18 tahun yang memiliki (atau pernah mengalami dalam satu tahun terakhir) gangguan mental, perilaku, atau emosional yang dapat didiagnosis dan menyebabkan gangguan fungsional serius yang secara substansial mengganggu atau membatasi satu atau lebih aktivitas sehari-hari.

Berikut artikel ini akan mengulas mengenai gejala penyakit mental serius.

Baca juga: 6 Macam Penyebab Libido Tinggi, Bisa Usia Maupun Mental

Apa saja tanda penyakit mental serius?

Dikutip NYC Health, tanda-tanda penyakit mental serius dapat sangat bervariasi di antara orag-orang yang didiagnosis menderita masalah ini.

Gejala penyakit mental yang serius sering kali pertama kali muncul pada awal masa dewasa, tetapi gejala tersebut sulit diidentifikasi.

Tanda-tanda umum penyakit mental serius meliputi:

  • Psikosis (kesulitan memisahkan kenyataan dari fantasi)
  • Isolasi
  • Ketidakpercayaan terhadap orang yang dianggap bermusuhan
  • Performa buruk di tempat kerja atau sekolah, mungkin karena gangguan paranoia atau suara internal
  • Ketidakmampuan untuk menjaga kebersihan pribadi atau merawat tempat tinggalnya

Baca juga: Awas, Selingkuh Bisa Jadi Termasuk Penyakit Mental

Tanda-tanda ini dapat menyebabkan orang dengan penyakit mental parah mengalami masalah di banyak bidang kehidupan mereka, termasuk hubungan, perumahan, pendidikan, dan pekerjaan.

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal sedang mengalami gejala di atas, Anda membutuhkan bantuan tenaga ahli.

Kebanyakan penyakit mental tidak membaik dengan sendirinya dan jika tidak diobati, penyakit mental bisa bertambah buruk seiring berjalannya waktu dan menyebabkan masalah serius, menurut Mayo Clinic.

Bahkan, penyakit mental serius beserta dampak buruknya bisa memunculkan pikiran untuk bunuh diri.

Baca juga: Macam-macam Penyakit Mental Terkait Otak Kelebihan Dopamin

Pengaruh penyakit mental serius terhadap kesehatan fisik

Dikutip dari News Medical, sebuah studi internasional berskala besar yang dilakukan oleh para peneliti di University of Queensland (UQ) menemukan bahwa orang dengan penyakit mental serius memiliki kemungkinan empat kali lebih besar untuk memiliki dua atau lebih kondisi kesehatan fisik kronis.

Penulis utama penelitian Sean Halstead mengatakan orang yang hidup dengan penyakit mental yang parah terus menghadapi kesenjangan kesehatan yang signifikan dibandingkan dengan masyarakat umum, khususnya mereka yang berusia di bawah 40 tahun.

Secara keseluruhan, para peneliti dari penelitian yang dipublikasikan di Lancet Psychiatry menemukan orang dengan penyakit mental parah dua kali lebih mungkin memiliki dua atau lebih kondisi kesehatan fisik kronis.

Baca juga: Tanda-tanda Peringatan Penyakit Mental yang Perlu Diketahui

“Kesenjangan ini bahkan lebih besar pada populasi muda yang menderita penyakit mental, dengan orang di bawah 40 tahun empat kali lebih mungkin menderita multimorbiditas fisik,” kata Dr Halstead.

Diungkapkan juga bahwa orang dengan penyakit mental berat juga sering mengalami kondisi kejiwaan tambahan yang menambah kompleksitas kesehatannya.

“Kami menemukan 1 dari 7 orang dengan penyakit mental parah juga memiliki dua atau lebih kondisi kejiwaan tambahan,” ucap Dr Halstead.

Penyakit-penyakit ini mengurangi harapan hidup rata-rata 10 hingga 20 tahun, yang didorong oleh tantangan kesehatan fisik dan psikologis yang signifikan.

Baca juga: Penderita Penyakit Mental Parah Cenderung Miliki Penyakit Fisik Kronis

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com