Jangan Disepelekan, Ini Pentingnya Merawat Gigi Susu pada Anak

Kompas.com - 13/08/2020, 16:31 WIB
Ilustrasi gigi tonggos Design PicsIlustrasi gigi tonggos

KOMPAS.com – Banyak orangtua tidak menyadari bagaimana pentingnya merawat gigi susu pada anak.

Mereka terkesan sepele karena menganggap bahwa semua gigi susu akan diganti dan hanya gigi tetap yang membutuhkan perawatan.

Padahal, pemahaman tersebut kiranya kurang tepat karena bisa merugikan diri anak.

Baca juga: 6 Bahaya Karang Gigi Jika Dibiarkan Menumpuk

drg. Endang Sariningsih dalam bukunya Merawat Gigi Anak Sejak Usia Dini (2012), mengungkapkan bahwa jika gigi susu tidak dipelihara dengan baik, akan berpotensi berlubang.

Gigi susu yang berlubang alhasil dapat mengakibatkan anak menderita sakit gigi dan bahkan sampai terjadi pembengkakan di sekitar gigi.

Kondisi tersebut sangat mungkin dapat menyebabkan anak menjadi rewel, menangis, tak dapat tidur dengan tenang, dan tidak nafsu makan karena sakit jika mengunyah.

Apabila keadaan ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama serta berulang-ulang, bukan tidak mungkin anak akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga memengaruhi tumbuh kembang anak, baik secara fisik maupun kecerdasannya.

Jadi, penting untuk diperhatikan bahwa gigi susu atau gigi sulung agar tetap dipertahankan berada dalam mulut sampai pada waktu tanggalnya sendiri.

Hal ini diperlukan juga sebagai penuntun untuk tempat tumbuhnya gigi permanen. Di mana, gigi susu akan mempertahankan ruangan di dalam lengkung gigi untuk tempat tumbuhnya gigi tetap sebagai pengganti.

Baca juga: Cara Menghilangkan Karang Gigi, Bisakah Dilakukan Sendiri?

Tak hanya itu, secara umum, gigi susu memiliki beberapa fungsi atau manfaat lain bagi anak, yakni:

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X