3 Penyebab Pubertas Dini pada Anak Gadis yang Perlu Diwaspadai

Kompas.com - 12/09/2020, 10:31 WIB
Ilustrasi anak mulai suka berdandan. SHUTTERSTOCKIlustrasi anak mulai suka berdandan.

KOMPAS.com - Menstruasi adalah tanda pubertas akhir anak gadis atau remaja putri.

Secara fisiologis, menstruasi atau haid terjadi karena adanya interaksi antara hipofisis, hipotalamus, dan ovarium (indung telur) yang mengakibatkan perubahan jaringan sasaran pada saluran reproduksi wanita.

Ovarium menghasilkan hormon steroid, terutama hormon estrogen dan hormon progesteron.

Baca juga: 6 Perubahan Fisik Tanda Anak Gadis Memasuki Masa Pubertas

Salah satu hormon estrogen adalah estradiol, yakni hormon yang paling banyak memengaruhi pada masa reproduksi wanita.

Menarche (menars) adalah haid pertama dari uterus (rahim) yang merupakan awal dari fungsi menstruasi dan tanda telah terjadinya pubertas pada remaja putri.

Melansir karya ilmiah yang dimuat dalam Journal of Global Pharma Technology (2010), menars sebagai tanda awal seorang remaja putri memasuki masa reproduksi biasanya akan dialami pada usia 12 tahun

Usia pertama kali menstruasi atau biasa disebut usia menars ini perlu diingat karena menentukan sejak usia berapa paparan hormon estrogen dimulai didalam tubuh wanita.

Pada dekade terakhir menunjukkan kecenderungan pergeseran usia menars ke arah yang lebih muda.

Oleh karena itu, para remaja putri atau orangtua yang memiliki anak perempuan menjelang remaja perlu mengetahui adakah dampak kesehatan jika anak gadis mengalami menars sebelum atau di bawah usia 12 tahun.

Menars dini tentu berarti pubertas dini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X