9 Efek Samping Penggunaan Lensa Kontak yang Perlu Diwaspadai

Kompas.com - 22/09/2020, 07:31 WIB
Ilustrasi lensa kontak CNETIlustrasi lensa kontak

KOMPAS.com – Dibanding menggunaan kaca mata, memakai lensa kontak terbilang lebih nyaman untuk mendukung fungsi penglihatan.

Tak hanya itu, penggunaan lensa kontak cenderung tak mengganggu penampilan, membuat lebih percaya diri, termasuk tidak menimbulkan sakit di telinga maupun hidung.

Namun di balik itu, terdapat sejumlah risiko dan efek samping penggunaan lensa kontak yang patut diwaspadai.

Baca juga: Glaukoma: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Cara Mencegah

Lensa kontak tetap saja adalah “benda asing” yang ditempelkan pada korner, yakni bagian depan mata yang teramat penting untuk penglihatan.

Lambat atau cepat, mata bisa jadi akan terganggu akibat pemakaian lensa kontak, baik yang soft lens maupun yang hard lens, apalagi jika jangka waktu penggunaannya panjang (hampir seharian) dan dalam waktu hingga bertahun-tahun.

Keadaan ini lambat laun bisa menimbulkan reaksi serta efek buruk terhadap jaringan mata yang terkena pengaruh lensa kontak tersebut, seperti kelopak mata, selaput konjungtiva, dan kornea.

Berikut ini adalah beragam risiko dan efek samping penggunaan lensa kontak yang bisa terjadi:

1. Mata kering

Lapisan air mata, baik secara kuantitas maupun kualitas, sangat penting dalam menjaga dan mempertahankan integritas serta kesehatan mata.

Fungsi air mata antara lain untuk membersihkan debu atau kotoran yang masuk ke mata, sebagai pelumas agar mata tidak kering dan terasa nyaman.

Halaman:

Sumber Health Line,
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X