Kompas.com - 03/03/2021, 10:07 WIB
Ilustrasi diabetes shutterstockIlustrasi diabetes

KOMPAS.com - Diabetes tipe 1 adalah penyakit kronis di mana pankreas menghasilkan sedikit atau tidak sama sekali insulin.

Insulin adalah hormon yang dibutuhkan untuk memungkinkan gula (glukosa) memasuki sel tubuh dan diubah menjadi energi.

Tubuh mendapatkan glukosa dari makanan yang dikonsumsi.

Baca juga: Kenali Gejala Khusus Diabetes Tipe 1

Insulin memungkinkan glukosa mengalir dari darah ke sel-sel tubuh.

Ketika sel sudah cukup, hati dan jaringan otot akan menyimpan glukosa ekstra dalam bentuk glikogen.

Glikogen akan dipecah menjadi gula darah dan dilepaskan saat tubuh membutuhkan energi di antara waktu makan, berolahraga, maupun saat tidur.

Pada diabetes tipe 1, tubuh tidak dapat memproses glukosa karena kekurangan insulin. Hal ini pun bisa menyebabkan terlalu banyak glukosa yang beredar dalam darah.

Kadar gula darah yang tinggi ini kemudian bisa menyebabkan masalah kesehatan (komplikasi) jangka pendek dan jangka panjang, sama seperti pada penyakit diabetes tipe 2.

Meskipun diabetes tipe 1 biasanya muncul selama masa kanak-kanak atau remaja, penyakit ini dapat berkembang pada orang dewasa.

Penyebab diabetes tipe 1

Penyebab pasti dari penyakit diabetes tipe 1 tidak diketahui.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X