Kompas.com - 28/04/2021, 14:03 WIB
. SHUTTERSTOCK/SHISU_KA.

KOMPAS.com - Diare dan muntah adalah gejala umum yang bisa dialami oleh orang dari segala usia, mulai dari bayi hingga orang dewasa.

Kedua gejala ini sekali kali disebabkan oleh infeksi virus dan dapat sembuh dalam beberapa hari.

Cukup istirahat dan minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi biasanya merupakan satu-satunya pengobatan yang diperlukan.

Baca juga: 10 Penyebab Sakit Perut dan Nyeri Dada yang Terjadi Bersamaan

Meski infeksi virus menjadi penyebab umum, tetap saja ada faktor lain yang dapat menyebabkan diare dan muntah terjadi bersamaan, seperti kondisi medis dan obat-obatan tertentu.

Penyebab diare dan muntah terjadi bersamaan

Diare dan muntah bisa terjadi pada waktu bersamaan karena sejumlah alasan.

Merangkum Health Line, infeksi virus atau bakteri pada gastrointestinal (saluran pencernaan bagian atas) adalah penyebab paling mungkin pada anak-anak. Saluran pencernaan bagian atas adalah bagian dari sistem pencernaan.

Infeksi ini juga dapat menyerang orang dewasa, tetapi ada sejumlah alasan lain mengapa orang dewasa dapat mengalami diare dan muntah terjadi bersamaan, seperti terlalu banyak minum alkohol atau sedang hamil.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beragam kemungkinan penyebab diare dan muntah terjadi bersamaan yang bisa diwaspadai:

1. Gastroenteritis virus

Gastroenteritis virus adalah infeksi di usus yang disebabkan oleh virus.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X