Kompas.com - 15/07/2021, 07:31 WIB
Ilustrasi: menyusui, ibu menyusui ShutterstockIlustrasi: menyusui, ibu menyusui

KOMPAS.com - Salah satu cara memperbanyak produksi ASI (air susu ibu) secara alami yang bisa dijajal adalah mengonsumsi asupan laktogenik.

Asupan laktogenik adalah jenis makanan atau minuman yang bisa jadi pelancar ASI alami.

Berikut beberapa makanan dan minuman potensial pelancar ASI alami yang cocok dikonsumsi para ibu menyusui:

Baca juga: 7 Cara Memperbanyak Produksi ASI yang Bisa Dijajal Ibu Menyusui

1. Wortel

Melansir Mom Junction, kandungan zat fitoestrogen dalam wortel membuat sayuran kaya serat ini potensial digunakan sebagai pelancar ASI. Pastikan ibu menyusui mengonsumsi sayuran ini dalam menu sehari-hari.

2. Sayuran berdaun hijau

Selain wortel, sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, sawi, selada, brokoli, dll. juga mengandung fitoestrogen yang bisa digunakan untuk memperbanyak ASI.

3. Oatmeal

Oatmeal atau bubur gandum dapat memperlancar ASI dengan cara meningkatkan kadar hormon oksitosin. Ibu menyusui bisa mengonsumsi oatmeal dalam bentuk bubur, camilan, kue, atau roti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

4. Jintan

Jintan termasuk rempah-rempah yang bermanfaat untuk melancarkan ASI. Ibu menyusui bisa mengonsumsi air jintan atau menggunakan jintan sebagai campuran bumbu masakan.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Bayi Tersedak ASI

5. Pare

Di balik rasanya yang pahit dan getir, sayuran pare juga bisa membantu para ibu menyusui memperbanyak ASI.

6. Ikan salmon

Ikan salmon kaya akan protein, vitamin D, B12, dan asam lemak omega3 yang baik untuk bayi dan ibu menysuui. Penelitian menunjukkan, ikan dari lautan dalam ini potensial sebagai pelancar ASI.

7. Daun kelor

Kandungan kalsium dan zat besi dalam daun kelor membuat asupan ini bisa membantu para ibu menyusui memperbanyak ASI. Selain itu, sayuran ini juga baik digunakan untuk membantu pemulihan setelah operasi persalinan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X