Kompas.com - 23/12/2021, 22:01 WIB

KOMPAS.com - Kamomil atau bunga tanaman chamomile sejak lama dimanfaatkan untuk membantu mengatasi susah tidur.

Seperti diketahui, selama ini banyak orang mencari alternatif obat tidur alami untuk bantu mengatasi mengatasi persoalan istirahat di malam hari.

Mereka khawatir minum obat tidur sembarangan terkadang menyebabkan ketergantungan atau menyebabkan efek samping lainnya.

Baca juga: Minum Obat Tidur, Pahami Dulu Efek Sampingnya…

Sehingga, beberapa orang beralih minum chamomile dan beberapa teh herbal bebas kafein lainnya.

Sebelum mengetahui cara mengatasi susah tidur dengan chamomile, kenali dulu studi manfaat sampai cara kerja bahan alami ini untuk membantu mengatasi susah tidur.

Manfaat chamomile untuk mengatasi susah tidur

Melansir Sleep Foundation, chamomile mengandung beberapa senyawa kimia jenis apigenin.
Ketika membentuk ikatan bersama reseptor benzodiazepin di otak, senyawa ini dapat membantu pikiran tetap rileks dan menyiapkan tubuh untuk beristirahat.

Beberapa studi membuktikan, manfaat chamomile terbukti membantu mengatasi susah tidur.

Sebuah penelitian terhadap ibu yang baru melahirkan, wanita yang minum seduhan chamomile cenderung tidak merasakan susah tidur dan gejala depresi pasca-persalinan berkurang.

Senada dengan hasil riset tersebut, penelitian lain dengan objek studi kalangan lansia juga melaporkan bahwa orang lansia yang minum seduhan chamomile sebelum tidur memiliki kualitas tidur lebih baik ketimbang yang tidak mengonsumsinya.

Selain itu, mengonsumsi wedang atau minuman panas seperti seduhan chamomile juga bisa membantu seseorang untuk merasa mengantuk.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.