Kompas.com - 18/01/2022, 20:01 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah Anda merasakan susah tidur di malam hari, kerap mengantuk di siang hari, susah bangun pagi, kurang tidur, sehingga aktivitas sehari-hari terganggu?

Beberapa kondisi di atas dapat disebabkan gangguan pola tidur atau gangguan tidur ritme sirkadian.

Gangguan tidur ini dipengaruhi masalah antara pola tidur dengan jam biologis tubuh.

Untuk mengenal lebih lanjut masalah kesehatan ini, kenali jenis gangguan pola tidur, penyebab, sampai cara mengatasinya.

Baca juga: 4 Pola Tidur Bayi 0-12 Bulan

Jenis gangguan pola tidur

Melansir Sleep Foundation, tubuh manusia secara alami mengikuti jam biologis atau ritme sirkadian. Selain mengatur jadwal tidur, ritme ini juga mengontrol suhu tubuh, rasa lapar, pencernaan, sampai aktivitas hormonal.

Jam biologis ini diatur bagian otak bernama hipotalamus. Pada orang dewasa yang sehat, siklus ini bakal ditata ulang setiap 24 jam, mengikuti perubahan gelap dan terang lingkungan sekitarnya.

Dalam kondisi normal, orang bangun di pagi hari ketika lingkungan sekitarnya terang, lalu akan merasakan tubuhnya lelah dan mengantuk di malam hari ketika sudah gelap.

Nah, orang bisa mengalami gangguan pola tidur saat jam biologisnya terus-menerus berubah. Ada beberapa jenis gangguan pola tidur, yakni:

  • Ganguan pola tidur karena jadwal tidur terlambat

Ganguan pola tidur ini terjadi ketika seseorang jadwal tidurnya molor lebih dari dua jam dari waktu tidur biasanya selama tiga bulan berturut-turut.

Kebiasaan begadang atau bergesernya jadwal tidur ini rentan membuat waktu tidur jadi berkurang.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.