Kompas.com - 20/08/2022, 12:01 WIB

KOMPAS.com - Poly-cystic ovary syndrome atau PCOS adalah salah satu masalah kesehatan reproduksi wanita yang perlu diwaspadai.

Penyakit ini bisa menyebabkan munculnya kista kecil-kecil terbentuk di indung telur sampai masalah kesuburan.

Lantas, apakah PCOS bisa sembuh? Simak penjelasan berikut untuk mengetahui jawabannya.

Baca juga: 7 Ciri-ciri PCOS pada Wanita, Haid Tidak Teratur sampai Jerawat

Apakah PCOS bisa sembuh?

Penyakit PCOS tidak bisa disembuhkan. Tapi, ada beberapa cara meringankan atau mengelola gejala PCOS pada wanita.

Dilansir dari NHS, gejala PCOS yang dirasakan wanita antara lain rambut tumbuh berlebihan di wajah atau dada, berat badan naik, rambut rontok, kulit berjerawat, haid tidak teratur, sampai gula darah dan kolesterol tinggi.

Penyebab PCOS karena hormon tidak seimbang, termasuk kadar hormon insulin yang tinggi.

Kenaikan hormon yang mengontrol kadar gula darah tubuh ini bisa memengaruhi aktivitas hormon lain, seperti testosteron, androgen, estrogen, dan progestin.

Baca juga: Kenali Apa itu PCOS dan Cara Mengatasinya

Cara mengobati PCOS

Pemberian terapi medis atau obat PCOS fokusnya untuk mengatasi dampak penyakit ini seperti masalah kesuburan, jerawat, obesitas, dan sebagainya. Dilansir dari MayoClinic, beberapa cara mengobatinya antara lain:

  • Menjaga berat badan ideal

Jika penderita PCOS memiliki berat badan di atas normal, dokter biasanya merekomendasikan penderita menjalani diet dan olahraga. Mengontrol berat badan ini penting untuk meningkatkan efektivitas obat.

Baca juga: Apakah Penderita PCOS Bisa Hamil?

  • Terapi obat

Penderita PCOS yang memiliki haid tidak teratur biasanya diberikan terapi hormon. Obat ini sekaligus bisa menurunkan risiko kanker rahim, mengatasi flek dan pendarahan abnormal, sampai jerawat.

  • Terapi kesuburan

Untuk membantu mengatasi susah hamil pada penderita PCOS, dokter biasanya merekomendasikan obat seperti klomifen, letrozol, metformin, atau gonadotropin. Atau, operasi laparoskopi ovarium apabila gangguan kesuburan ini susah diobati.

Setelah menyimak penjelasan apakah PCOS bisa sembuh di atas, wanita penderita PCOS sebaiknya tidak khawatir berlebihan lagi karena ada beberapa cara meringankan gejala masalah kesehatan ini.

Baca juga: Diet yang Tepat untuk Penderita PCOS

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.