Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/11/2022, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Jelang hari perkiraan lahir (HPL), sebagian ibu hamil mulai menunggu kontraksi dan pecahnya air ketuban. Namun, beberapa bumil mungkin bertanya-tanya apa saja ciri-ciri yang menandakan air ketubannya telah pecah.

Diketahui, air ketuban merupakan cairan yang melapisi atau melindungi janin selama kehamilan. Air ketuban juga berfungsi dalam mengatur suhu rahim dan membantu perkembangan janin.

Volume air ketuban umumnya meningkat dari bulan ke bulan hingga 1,2 liter saat kandungan berusia 38 minggu.

Baca juga: 6 Penyebab Ibu Hamil Kekurangan Cairan Ketuban

Sebelum atau saat persalinan, selaput ketuban akan pecah dan cairan pun keluar dari vagina. Momen pecahnya air ketuban bisa saja membuat kebanyakan wanita histeris hingga berteriak, atau tak sabar menghubungi dokter.

Setiap ibu hamil mungkin mengalami momen yang berbeda-beda saat air ketubannya pecah. Namun, ada 5 ciri-ciri umum yang dapat menunjukkan bahwa air ketuban Anda telah pecah, yaitu:

1. Kebocoran ketuban yang tidak terkendali

Saat ketuban pecah, beberapa ibu hamil mungkin merasakan rembesan atau tetesan secara perlahan hingga semburan air tiba tiba dari organ kewanitaan.

Jumlah air ketuban yang keluar tergantung pada seberapa besar robekan yang terjadi di vagina.

Selain itu, jika kantung ketuban pecah di bawah kepala bayi, maka cairan telah menumpuk dan akan menyembur keluar. Namun, bila peristiwa pecah ketuban terjadi lebih tinggi dari kepala, aliran air tidak akan terlalu deras.

Dalam banyak kasus, aliran cairan ketuban sering tidak terkontrol. Seorang bumil bisa saja mendapat total 2,5-3 cangkir cairan ketuban.

Apabila masih berada di rumah atau sedang dalam perjalanan menuju fasilitas kesehatan, Anda dapat mengatasi kebocoran ketuban dengan memakai pembalut atau duduk di atas handuk bersih.

Baca juga: Apa Saja Fungsi Air Ketuban bagi Janin?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+