Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/12/2022, 21:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Tidur berkualitas di malam hari sangat penting untuk menjaga kesehatan. Selama tidur, sel-sel tubuh yang bermasalah bakal memperbaiki dirinya sendiri. 

Nah, untuk menunjang tidur berkualitas tersebut, Anda memerlukan dukungan posisi tidur yang tepat. 

Perlu diketahui, salah posisi tidur bisa membuat istirahat tidak nyenyak dan tubuh terasa sakit saat bangun. Untuk itu, ketahui posisi tidur yang baik untuk berbagai kondisi kesehatan berikut ini.

Baca juga: Posisi Tidur yang Benar, Miring ke Kanan atau ke Kiri?

Posisi tidur yang baik

Dilansir dari Sleep Foundation, posisi tidur yang benar adalah posisi yang mendukung kesehatan tulang belakang, mulai dari area pinggang hingga ke kepala.

Dengan kata lain, Anda bisa menyesuaikan posisi menurut kenyamanan dengan tetap memperhatikan posisi tulang belakang.

Ada beberapa jenis posisi tidur yang dianggap lebih baik dibandingkan dengan posisi tidur lainnya. Berikut adalah posisi tidur yang baik untuk kondisi tertentu yang disarikan dari Sleep Foundation dan Healthline.

  • Posisi tidur untuk sakit punggung

Posisi tidur untuk sakit punggung yang paling baik adalah tidur miring, fetal position atau tidur miring dengan kaki ditekuk ke arah dada, dan tidur telentang.

Ketiga posisi ini adalah posisi tidur yang nyaman untuk orang dewasa karena kelenturan tulang belakang menurun seiring dengan berjalannya usia.

Selain nyaman, posisi tidur ini juga akan menyehatkan tulang belakang, terlebih jika menggunakan bantal untuk mendukung posisi tubuh. Bantal bisa diletakkan di antara lutut dan leher untuk mencegah rasa sakit muncul kembali.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Nyeri Punggung Tanpa Operasi

  • Posisi tidur saat sakit leher

Anda yang mengalami nyeri leher bisa tidur dengan posisi miring ke samping dan telentang. Dengan melakukan posisi tidur ini, tubuh akan lebih mudah untuk menyeimbangkan berat badan sehingga bisa mengurangi rasa nyeri di leher.

Bantal juga bisa digunakan untuk menyangga leher dan mencegah kepala untuk terlalu terbenam ke kasur.

  • Posisi tidur saat apnea atau mendengkur

Posisi tidur yang baik untuk Anda yang mengalami apnea tidur atau memiliki kebiasaan mendengkur adalah posisi tidur menyamping, fetal position, dan tidur telungkup.

Meskipun begitu, tidur telungkup lebih disarankan untuk mengatasi kebiasaan mendengkur karena posisi ini bisa melancarkan saluran pernapasan. Tidur telentang tidak disarankan untuk kedua kondisi kesehatan ini karena bisa menambah parah gejala yang muncul.

  • Posisi tidur saat asam lambung

Posisi tidur asam lambung yang disarankan adalah posisi miring, khususnya miring ke kiri. Posisi tidur miring ke kiri akan meringankan gejala asam lambung yang dirasakan karena bisa mengurangi tekanan pada orang dalam tubuh.

Tidur telentang tidak disarankan untuk penderita asam lambung karena bisa memperparah gejala yang dirasakan dan efeknya bisa langsung terasa ketika membalikkan tubuh.

Baca juga: 2 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik karena Stres

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com