Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Makanan Pantangan untuk Penderita Hepatitis B dan Anjurannya

Kompas.com - 13/09/2023, 19:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penderita hepatitis B perlu memperhatikan pola makan yang tepat dan menghindari pantangan makanan untuk mengelola kondisi penyakitnya. 

Perlu diketahui, hepatitis adalah penyakit peradangan hati atau liver. Penyebab hepatitis B berasal dari infeksi virus hepatitis B atau HVB. 

Penyakit hepatitis B tidak bisa sembuh total. Jadi, penderita perlu menjaga gaya hidup sehat seumur hidup agar penyakitnya terkontrol. 

Simak penjelas ahli terkait makanan pantangan penderita hepatitis B berikut anjurannya yang tepat lewat artikel berikut ini. 

Baca juga: Apakah Hepatitis B Bisa Sembuh? Berikut Penjelasannya…

Apa saja makanan pantangan penderita hepatitis B?

Dokter spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso Jakarta Dr dr Iman Firmansyah, SH, MH, Sp.PD, KPTI, FINASIM, CMC, CCD menjelaskan, makanan pantangan penderita hepatitis B utamanya adalah makanan berlemak.

"Secara umum, yang perlu dihindari atau dibatasi penderita hepatitis B adalah makanan berlemak tinggi. Semakin banyak lemak yang dikonsumsi, kerja hati semakin berat," jelas Iman, saat berbincang di Live Podcast Kementerian Kesehatan, Selasa (12/9/2023).

Menurut Hepatitis B Foundation, makanan berlemak jahat atau tak sehat yang perlu dihindari penderita hepatitis B contohnya daging merah berlemak, jeroan, kulit ayam, daging olahan (sosis, kornet, burger, pepperoni), dan gorengan. 

Selain itu, penderita juga sebaiknya membatasi atau menghindari makanan yang mengandung gula tinggi. Seperti segala jenis minuman manis dan hidangan penutup, kue-kue, cake, donat, atau roti dengan krim yang melimpah.  

Dikutip dari Medindia, pengidap hepatitis B juga perlu mempertimbangkan untuk mengurangi makanan tinggi  

Pasien hepatitis juga harus membatasi asupan garam, dengan menghindari makanan olahan yang mengandung natrium tinggi seperti makanan dalam kemasan, makanan instan, segala jenis saus, dan makanan kalengan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Hepatitis B, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Baca juga: 5 Tes Pemeriksaan Hepatitis B, dari HBsAg sampai USG

Apa pantangan lain untuk penderita hepatitis B?

Dokter Iman juga menyarankan penderita hepatitis B menghentikan atau sama sekali tidak mengonsumsi alkohol. 

Selain itu, Kepala Kelompok Staf Medis Ilmu Penyakit Dalam RSPI Sulianti Saroso ini juga menganjurkan agar penderita lebih cermat dan teliti dalam mengonsumsi obat.

Obat-obat dengan sifat hepatotoksik (menyebabkan kerusakan pada hati akibat konsumsi obat) bisa merusak liver.

"Sesungguhnya obat-obat yang kita konsumsi, pembuangannya ada dua jalur, lewat ginjal dan hati. Penderita hepatitis B harus mencegah kerja hati agar tidak berat, makanya harus pilih obat yang tidak menyebabkan kerja hati menjadi berat." tambah Iman.

Selain menghindari atau membatasi pantangan dan makanan yang tidak boleh dimakan penderita hepatitis B di atas, pasien penyakit kronis ini juga perlu menerapkan pola makan sehat. 

Baca juga: Apa Penyebab Hepatitis B? Kenali Virus Pemicu Penyakit Ini

Bagiamana anjuran makanan untuk penderita hepatitis B?

Melansir Hepatitis B Foundation, terdapat beberapa tips yang bisa diikuti untuk mengatur pola makan untuk penderita hepatitis B.

Berikut ini tips pola makan dan gaya hidup sehat yang cocok untuk penderita hepatitis B, di antaranya:

  • Hindari mengonsumsi alkohol, setop rokok, dan hindari paparan asap rokok
  • Pilih dan konsumsi sayuran segar, buah-buahan, biji-bijian, protein nabati (seperti tahu, tempe, kacang-kacangan), ikan, ayam tanpa kulit, dan daging tanpa lemak. Pilih teknik memasak yang sehat seperti direbus, dikukus, atau ditumis
  • Imbangi pola makan sehat dengan rutin berolahraga dan tidur cukup setiap hari

Setelah menyimak makanan pantangan penderita hepatitis B di atas, Anda perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan menjalani gaya hidup sehat untuk membantu merawat kondisi organ hati. Dengan begitu, penyakit ini bisa lebih terkontrol.

Baca juga: Penyakit Hepatitis B Menular Lewat Apa Saja?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com