Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Makanan dan Minuman Pelancar BAB Alami yang Sehat Dikonsumsi

Kompas.com - 12/10/2023, 06:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sembelit atau susah BAB (buang air besar) adalah salah satu gangguan kesehatan pencernaan yang sering menyerang.

Untungnya, beberapa bahan dan cara alami bisa digunakan agar BAB lancar setiap hari. Sebelum menyimak beberapa pelancar BAB alami yang sehat dan praktis, ada baiknya Anda mengenali dulu akar penyebab kondisi ini. 

Baca juga: 7 Cara Alami agar BAB Lancar Tiap Hari

Penyebab BAB tidak lancar

 

Sembelit umumnya terjadi ketika tinja terlalu lama berada di usus besar. Kondisi ini membuat usus besar menyerap terlalu banyak cairan dari kotoran BAB, sehingga tinja menjadi keras, kering, dan sulit keluar dari tubuh.

Dilansir dari Mayo Clinic, ada beberapa faktor yang bisa jadi penyebab BAB tidak lancar, meliputi:

  • Gaya hidup tak sehat

Sisa kotoran di saluran pencernaan pergerakannya bisa melambat dan menyebabkan BAB tidak lancar karena gaya hidup tidak sehat, seperti kurang minum, kurang serat, tidak atau jarang olahraga, dan kebiasaan menunda BAB.

  • Efek obat tertentu

Sembelit juga bisa karena efek samping obat tertentu, seperti obat penghilang nyeri jenis opioid, obat hipertensi tertentu, anti-kejang, anti-depresi, obat untuk gangguan saraf, dan anti-alergi. Meskipun efek samping sebagian obat tidak nyaman, hindari sembarangan setop minum obat tanpa petunjuk dokter.

  • Masalah pada otot dasar panggul

Penyebab BAB tidak lancar lainnya adalah gangguan otot dasar panggul. Jenis otot yang menopang organ di bagian bawah batang tubuh ini perlu mengendur saat mengejan. Jika ada masalah pada otot-otot, seseorang bisa mengalami sembelit kronis atau berkepanjangan.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Susah BAB saat Hamil

  • Penyumbatan di usus besar atau rektum

Kerusakan atau perubahan jaringan di usus besar atau rektum dapat menghalangi jalannya tinja. Selain itu, tumor di usus besar, rektum, atau jaringan di sekitarnya juga dapat menyebabkan penyumbatan.

  • Faktor lain

Sejumlah kondisi dan penyakit juga dapat memengaruhi kerja otot, saraf, atau hormon yang mengendalikan BAB, seperti sindrom iritasi usus, diabetes, penyakit sklerosis ganda, saraf bermasalah, hipertiroid, penyakit Parkinson, dan kehamilan. 

Kabar baiknya, sebagian besar penyebab BAB tidak lancar berasal dari gaya hidup atau kebiasaan tak sehat. Kondisi ini juga mudah diatasi dengan cara atau bahan alami. 

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Susah BAB Saat Puasa

Pelancar BAB alami

Melansir WebMd, cara agar BAB lancar bukan hanya mengandalkan obat pencahar saja. Anda juga bisa menggunakan cara dan bahan alami untuk mengatasi sembelit. 

Disarikan dari MedicineNet, berikut ini beberapa makanan dan minuman pelancar BAB alami yang dapat Anda pilih, diantaranya:

  • Air perasan lemon

Lemon mengandung vitamin C yang tinggi. Kandungan senyawa antioksidan ini dapat meningkatkan kadar air di dalam usus, sehingga dapat membantu melunakkan tinja dan merangsang BAB. Saat sembelit, coba konsumsi air hangat yang diberi sedikit perasan lemon sebagai minuman pelancar BAB alami di malam hari. 

  • Jus apel

Jus apel dapat digunakan sebagai jus pelancar BAB alami. Jus apel banyak mengandung serat yang dapat membantu meringankan gejala sembelit. Menurut USDA, satu apel sedang mengandung 4.37 gram serat dan 18,91 gram gula. Apel juga mengandung vitamin C, kalsium, vitamin A, dan pektin (serat larut air yang dapat meningkatkan buang air besar).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com