Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Varian Virus Omicron Pemicu Peningkatan Kasus Covid-19

Kompas.com - 19/12/2023, 17:24 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Peningkatan kasus Covid-19 diperkirakan akan terus berlanjut selama masa liburan Natal dan Tahun Baru 2023.

Meski demikian, sejauh ini kenaikannya masih terkendali. Selain itu, peningkatan kasus yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir dipicu oleh virus Covid varian JN.1 yang turunan dari virus Omicron.

"Kasus-kasus yang terjadi sekarang disebabkan oleh virus turunan dari Omicron. Sifatnya lebih cepat menular, virulensi tinggi, tapi fatalitasnya rendah atau tidak ganas,” papar Direktur Pencegahan Penyakit Menular Kementrian Kesehatan, dr.Imran Pambudi di Jakarta (19/12/2023).

Kasus Covid-19 yang dilaporkan pun menurut Imran ditemukan secara tidak sengaja.

“Kasus ditemukan secara tidak sengaja, pada mereka yang hendak menjalani tindakan medis. Ternyata ditemukan Covid," katanya.

Baca juga: Pemprov DKI Buka 44 Sentra Vaksinasi Covid-19 hingga Dosis Kelima

Meski ada peningkatan kasus, situasi di rumah sakit dan ICU tetap stabil. Tak ada peningkatan kasus secara berarti untuk pasien dirawat.

Menurut Imran, angka kejadian dan kematian akan meningkat bila terjadi mutasi virus seperti pada pandemi lalu.

Secara data kenaikan kasus Covid-19 terlihat dimana pada 16-18 Desember ini, total ada 2.024 kasus dimana secara nasional, ada 43 kasus baru per minggu. Adapun sejak November tercatat ada 13 orang meningga dan per 18 Des ada dua orang meninggal.

Pemerintah pun belum berencana membuat sentra vaksinasi Covid-19, namun masyarakat tetap bisa mendapatkan vaksinnya di layanan kesehatan primer. Selain itu, masyarakat tetap diminta untuk waspada.

“Kalau sakit sebaiknya jangan bepergian. Bila tetap pergi, pakailah masker. Sebisa mungkin jangan menyebarkan penyakit ke orang lain,” ujarnya.

Protokol kesehatan yang dulu digencarkan seperti mencuci tangan dengan sabun dan melakukan etika bersin yang baik, tetap perlu dilanjutkan.

Baca juga: Kasus Covid-19 Kembali Meningkat, Kemenhub Belum Berlakukan Syarat Perjalanan Khusus Selama Nataru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com