Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkes Ingin RS Vertikal di Indonesia seperti Mayo Clinic di AS

Kompas.com - 03/02/2024, 08:00 WIB
Khairina

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menginginkan rumah sakit vertikal  di Indonesia beroperasi sebagaimana Mayo Clinic di Amerika Serikat (AS), salah satu fasilitas pelayanan kesehatan terbaik di dunia.

RS vertikal adalah rumah sakit yang berada di bawah pengelolaan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

"Yang saya heran dengan Mayo itu dokter-dokternya semuanya melakukan clinical trial dengan obat-obatan dan alat-alat yang paling modern di dunia," kata Menkes saat meresmikan Fatmawati Orthopaedic Center di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati Jakarta, Jumat (3/2/2024), seperti ditulis Antara.

Menkes mengatakan, Mayo Clinic bisa maju karena klinik tersebut berbayar, tetapi bukan untuk mencari keuntungan, melainkan dikembalikan kepada pasien berupa fasilitas dan kualitas pelayanan kesehatan yang baik.

Baca juga: Menkes: Antidot asal Singapura Bantu Obati Gagal Ginjal Akut pada Anak

Pelayanan kesehatan yang baik, katanya, salah satunya dipengaruhi oleh kesejahteraan para tenaga medis dan kesehatan yang baik, di mana hal tersebut menjadi prioritas di Mayo Clinic.

Selain itu, Menkes Budi menuturka,n Mayo Clinic berisikan dokter dari pasien yang beragam, bahkan dari seluruh dunia. Hal tersebut menyebabkan fasilitas pelayanan kesehatan tersebut selalu ramai dikunjungi, baik siang maupun malam, tidak seperti rumah sakit vertikal atau rumah sakit pemerintah di Indonesia pada saat ini yang umumnya hanya melayani di pagi dan siang hari.

"Nah itu jadi pengalaman saya. Ternyata rumah sakit pemerintah itu enggak fully utilized -dimanfaatkan sebaik mungkin," katanya.

Karena itu, Menkes Budi mengatakan, langkah-langkah khusus perlu diambil dalam mewujudkan hal tersebut.

Beberapa di antaranya dengan mendirikan sejumlah rumah sakit pemerintah baru di beberapa wilayah di Indonesia, serta mendorong pembukaan layanan eksekutif di sejumlah rumah sakit tersebut.

Layanan ortopedi eksekutif

Budi meresmikan Fatmawati Orthopaedic Center sebagai layanan ortopedi eksekutif lengkap yang terintegrasi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, Jakarta.

"Kita harus punya wing eksekutif supaya pasien-pasien yang bisa berbayar itu datang ke sini. Dan malam juga bisa terbuka dan mereka bayar sama seperti di rumah sakit swasta," ujar Menkes.

Menurut Budi, adanya layanan ortopedi eksekutif ini dimaksudkan untuk meningkatkan derajat para tenaga kesehatan serta dapat membantu pembiayaan pengobatan masyarakat yang ditanggung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Justru kita jadi rumah sakit yang sangat sosialis, karena uang yang nanti kita dapatkan, saya enggak ambil untung. Kalau di rumah sakit swasta, jelas ambil untung," ujar Menkes.

Baca juga: Menkes Dorong Pemanfaatan Teknologi untuk Layanan Dokter Gigi Saat Pandemi Covid-19
.
"Selama ini kita rugi, jadi kita hanya bisa cover terbatas jumlahnya. Justru dengan kita mendatangkan pasien-pasien eksekutif yang bisa bayar mahal ke rumah sakit vertikal, kita layani dengan baik, dokter-dokternya juga terbaik yang sama dengan swasta. Keuntungannya kita bisa pakai untuk subsidi masyarakat-masyarakat kita yang penyakitnya parah," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama Plt. Direktur RSUP Fatmawati dr Mohammad Syahril mengatakan, pengembangan Fatmawati Orthopaedic Center meliputi layanan rawat jalan, rawat inap, dan bedah eksekutif.

Ia menjelaskan, fasilitas kesehatan ortopedi tersebut berada di gedung yang sudah tersedia, dengan melakukan renovasi tanpa penambahan gedung baru. Fasilitas tersebut memiliki tiga ruangan rawat jalan, delapan ruangan rawat inap, serta tujuh ruang bedah Modular Operation Theatre (MOT).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com