Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali 8 Gejala Gangguan Cemas yang Sering Tak Disadari

Kompas.com - 04/09/2016, 21:17 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Semua orang pasti cemas ketika menghadapi suatu situasi sulit seperti ketika harus melakukan presentasi di hadapan atasan atau ketika mengalami kesulitan keuangan. Ini hal yang normal. Tapi, pada sebagian orang, kecemasan ini sampai begitu mendalamnya sehingga membuat mereka tidak lagi merasa mampu menjalankan kehidupan mereka sehari-hari.

Tidak mudah membedakan mana kecemasan yang masih tergolong normal dan mana yang sudah merupakan gangguan mental (anxiety disorder atau gangguan kecemasan).

Gangguan kecemasan muncul dengan berbagai bentuk seperti serangan panik, fobia, kecemasan sosial dan lain sebagainya seperti beberapa contoh di bawah ini.

Satu kesamaan, pada penderita gangguan kecemasan, gejala-gejala ini datang terus-menerus dan berulang, sehingga mengganggu fungsi dan kualitas hidup penderitanya.


Khawatir berlebihan

Ciri khas dari gangguan kecemasan adalah terlalu banyak khawatir tentang hal-hal sehari-hari. Apa yang dimaksud "terlalu banyak"?

Dalam kasus gangguan kecemasan, itu berarti memiliki pikiran negatif terus-menerus setiap hari dalam seminggu, selama enam bulan. Kekhawatirannya begitu buruk, sehingga mengganggu kehidupan sehari-hari dan disertai dengan gejala seperti kelelahan.

"Perbedaan antara gangguan kecemasan dengan kecemasan yang yang normal adalah, pada gangguan kecemasan, emosi Anda yang menyebabkan banyak penderitaan dan disfungsi," kata Sally Winston, PsyD, direktur Anxiety and Stress Disorder Institute of Maryland di Towson.


Masalah tidur

Sulit tidur adalah gejala umum berbagai gangguan kesehatan, baik fisik dan psikologis. Tentu saja, sulit tidur yang dimaksud di sini berbeda dengan sulit tidur, karena misalnya besok Anda ada rapat penting dengan petinggi-petinggi di kantor.

Sulit tidur yang dimaksud adalah Anda menemukan diri Anda tetap terjaga, hingga jauh lewat tengah malam dan terjadi hampir setiap malam atau bahkan setiap malam. Anda terus terjaga karena memikirkan masalah spesifik yang itu-itu saja, misalnya masalah keuangan. Separuh orang dengan gangguan kecemasan diketahui mengalami masalah sulit tidur.


Ketakutan irasional

Beberapa gangguan kecemasan terkait dengan hal yang spesifik tapi tidak umum misalnya, takut pesawat terbang, hewan tertentu yang banyak orang lain tidak takut, dan lain sebagainya.

Ketakutan ini bisa sampai membuat penderitanya seperti lumpuh. Ketakutan irasional muncul biasanya hanya saat penderita berhadapan dengan apa yang ditakutinya.


Ketegangan otot

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com