Kompas.com - 08/04/2020, 10:28 WIB
Seorang perempuan menyentuh wajah dengan tangan saat stres fizkesSeorang perempuan menyentuh wajah dengan tangan saat stres

KOMPAS.com - Pandemi virus corona yang berdampak besar bagi kehidupan setiap orang rentan menimbulkan stres dan kecemasan berlebihan.

Beberapa di antaranya merasa tidak berdaya menghadapi wabah Covid-19.

Bahkan, ada orang yang sampai putus asa karena kesehatan mentalnya mulai goyah.

Baca juga: Ciri-ciri Stres Menghadapi Wabah Virus Corona

Melansir Psychology Today, Ahli Psikoterapi Bryan E. Robinson Ph.D. membagikan kiat untuk merawat kewarasan di tengah ketidakpastian pandemi virus corona:

1. Mengontrol perspektif

Senjata paling ampuh saat menghadapi ketidakpastian adalah perspektif atau sudut pandang.

Sudut pandang dalam melihat suatu persoalan bisa jadi sumber kekuatan. Sebaliknya, perspektif juga bisa jadi sesuatu yang melemahkan pertahanan diri.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alih-alih cuma terpaku menakar situasi apa yang bisa dikendalikan dan yang tidak bisa dikontrol, keadaan bisa terasa lebih mudah saat Anda menerima situasi saat ini.

Setelah menerima, pikirkan kesempatan apa yang bisa dikerjakan dalam situasi sulit seperti ini.

Dengan mengontrol perspektif, seseorang tidak hanya menghabiskan energi untuk cemas, takut, stres, sampai mengalami tekanan darah tinggi menghadapi pandemi.

Energi yang tersisa di masa sulit tersebut dapat digunakan untuk fokus melindungi diri agar tidak tertular Covid-19.

Baca juga: Musik Bisa Hilangkan Stres, Bagaimana Caranya?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X