3 Alasan Rutin Bercinta Bisa Bikin Awet Muda

Kompas.com - 21/07/2020, 21:00 WIB
Ilustrasi bercinta AntonioGuillemIlustrasi bercinta

KOMPAS.com – Banyak orang percaya rutin bercinta bisa bikin awet muda.

Anggapan itu memang bisa jadi benar.

Pasalnya, ada beberapa hal dalam aktivitas bercinta yang dapat memengaruhi kondisi fisik dan kejiwaan seseorang.

Baca juga: 5 Penyebab Penis Sulit Penetrasi Saat Bercinta dan Cara Mengatasinya

Konsultan Andrologi dan Seks, Dr. dr. Hudi Winarno, M.Kes., Sp. And., dalam bukunya Seksualitas Manusia: Masalah dan Solusi yang terbitkan pada 2019, menjelaskan sedikitnya ada 3 alasan bercinta bisa bikin awet muda.

Berikut penjelasannya:

1. Ada unsur olahraga yang menyehatkan

Dalam aktivitas seks maupun hubungan seks, tidak bisa dipungkiri terdapat unsur olahraga dan dukup banyak kalori yang dibakar (100-150 kcal).

Pada pasangan yang berhubungan seks, siapa yang berada di posisi aktif, yaitu di atas, dapat mengeluarkan energi lebih banyak.

Pembakaran kalori ini jelas memberi dampak yang lebih baik untuk kesehatan jika dibanding dengan kondisi tanpa aktivitas fisik.

2. Keluar hormon endorfin

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X