Kompas.com - 31/03/2021, 10:04 WIB
Ilustrasi hamil HoneyrikoIlustrasi hamil

KOMPAS.com – Rumput Fatimah adalah satu tanaman herbal yang telah dikenal secara turun temurun oleh masyarakat bisa membantu proses persalinan ibu hamil.

Apakah Anda pernah mendengar anggapan ini? Bagaimana tanggapan Anda? Apakah mempercainya?

Atau bahkan Anda sendiri pernah mengonsumsi rumput Fatimah untuk tujuan melancarkan persalinan?

Baca juga: 7 Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jika iya, mungkin lebih baik Anda tidak mengulanginya dan tidak menganjurkan kepada orang lain untuk mengonsumsi rumput Fatimah.

Hal itu dikarenakan, konsumsi rumput Fatimah malah berisiko mencelakakan bayi yang dikandung maupun ibu hamil itu sendiri.

Melansir Buku 100+ Hal Penting yang Wajib Diketahui Bumil: Tanya Jawab Seputar Kehamilan dan Persalinan (2014) karya dr. Dian Indah Purnama, SpOG, dijelaskan bahwa tidak boleh bagi ibu hamil untuk mengonsumsi rumput Fatimah (Labisa pumila).

Rumput Fatimah setelah diteliti memang diketahui mengandung zat sejenis oksitosin yang memiliki sifat merangsang kontraksi rahim.

Tapi, penggunaan rumput Fatimah dalam persalihan sangat berbahaya karena kandungan oksitosin yang dikonsumsi tidak dapat ditakar.

Jika ibu hamil sampai berlebihan mengasup oksitosin, hal itu dapat menyebabkan kontraksi rahim tetanik.

Kontraksi tetanik adalah kontraksi terus menerus hampir tanpa jeda yang bisa menyebabkan janin kekurangan oksigen hingga kematian janin.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X