Kompas.com - 01/05/2021, 16:04 WIB
Ilustrasi kram spukkatoIlustrasi kram

KOMPAS.com – Gangguan peredaran darah adalah masalah umum yang dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi.

Penyakit arteri perifer, diabetes, obesitas, merokok, dan penyakit Raynaud adalah beberapa di antara banyak penyebab sirkulasi darah tidak lancar.

Ketika terjadi, peredaran darah yang tidak lancar dapat menghambat distribusi darah, oksigen dan nutrisi penting ke seluruh tubuh.

Baca juga: 4 Penyakit Akibat Darah Tinggi yang Bisa Mengancam Jiwa

Kondisi ini dapat menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan, seperti nyeri di berbagai bagian tubuh, kram otot, mati rasa, masalah pencernaan, dan rasa dingin di tangan atau kaki.

Meskipun masalah peredaran darah sering diobati dengan obat-obatan, mengonsumsi makanan tertentu juga dapat meningkatkan aliran darah.

Berikut ini adalah beberapa makanan untuk melancarkan peredaran darah yang dapat dipilih:

1. Kacang almond

Kacang almond adalah bahan makanan yang terbukti mengandung vitamin E dan lemak sehat, serta memiliki sifat antioksidan.

Melansir MedicineNet, diet kaya kacang almond telah ditemukan dalam sebuah penelitian bahwa dapat meningkatkan aliran darah.

2. Pisang

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X