Kompas.com - 28/12/2021, 20:01 WIB

KOMPAS.com - Sayur-sayuran adalah makanan sehat kaya serat yang banyak mengandung antioksidan dan rendah kalori.

Selain dapat menjaga kesehatan secara keseluruhan, beberapa jenis sayur mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Berikut beberapa jenis sayuran untuk membantu menurunkan kolesterol dan rekomendasi makanan yang tepat untuk menurunkan kolesterol secara alami.

Baca juga: 10 Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Sayur untuk menurunkan kolesterol tinggi

Kandungan kalium, magnesium, antioksidan, sampai serat dalam sayur membantu menurunkan kadar kolesterol jahat secara alami.

Meskipun setiap sayuran biasanya mengandung beberapa nutrisi penting ini, tapi ada beberapa jenis sumber serat alami ini yang memiliki kandungan zat gizi lebih tinggi dibandingkan lainnya.

Melansir beberapa sumber, berikut beberapa sayur-sayuran yang baik untuk menurunkan kolesterol tinggi:

  • Okra

Melansir GoodHousekeeping, okra adalah sayuran yang banyak mengandung serat larut dan antioksidan polifenol. Selain baik untuk menjaga kadar kolesterol, sayur ini juga dapat melawan peradangan di dalam tubuh.

  • Kentang

Kentang banyak mengandung kalium yang menyehatkan jantung dan pembuluh darah, sekaligus menjaga kadar kolesterol dalam darah.

  • Tomat

Sayur yang banyak mengandung vitamin A, C, kalium, dan antioksidan likopen ini terbukti ampuh menurunkan kolesterol tinggi.

Baca juga: 10 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi secara Alami

  • Kale

Kale mengandung kalium, magnesium, antioksidan, dan serat yang tinggi sehingga bermanfaat untuk menyehatkan jantung dan baik untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.